Sukses

Bukan Indonesia, Thailand Anggap Vietnam Lawan Terberat di Piala AFF 2018

Meski begitu, Thailand tetap percaya diri menatap Piala AFF 2018.

Liputan6.com, Bangkok - Meski berat, Timnas Thailand tetap mengincar gelar juara di Piala AFF 2018. Pemetaan kekuatan pun mulai dilakukan tim besutan Milovan Rajevic itu. Dan menurutnya, Vietnam adalah lawan paling berbahaya.

Thailand memang tak berada dalam satu grup dengan Vietnam di Piala AFF 2018. Thailand di Grup B bersama Indonesia, Timor Leste, Singapura, dan Filipina. Sedangkan Vietnam di Grup A bersama Laos, Malaysia, Myanmar, dan Kamboja.

Namun, bukannya fokus pada lawan yang ada di hadapan seperti Timnas Indonesia, Thailand justru sudah menganggap Vietnam sebagai lawan yang harus dilewati jika ingin mempertahankan gelar. Track record sepak bola Vietnam dalam beberapa tahun terakhir jadi dasar penilaian Rajevic.

Vietnam pun memiliki ambisi besar untuk membawa pulang gelar juara Piala AFF 2018. Maklum, selama ini kehebatan The Golden Dragons selalu berujung kesialan di Piala AFF. Itu karena dari lima kesempatan terakhir tampil di semifinal, hanya sekali Vietnam bisa melaju ke final.

"Kami masih melihat Vietnam masih merupakan lawan terberat. Mereka memiliki liga yang berkualitas dan banyak pemain muda berbakat. Sebuah tim dengan prospek bagus di masa depan," ujar Rajevic, dikutip Zing.vn.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanpa 4 Pemain Bintang

Di Piala AFF 2018, Vietnam masih mengandalkan jebolan-jebolan Piala AFF 2016 Tran Dinh Trong, Que Ngoc Hai, Bui Tien Deng, hingga deretan penyerang energik Nguyen Van Quyet, Nguyen Cong Phuong, dan Nguyen Anh Duc. Lalu, pelatih Park Hang-seo juga menyertakan para pemain Vietnam U-23.

Seperti diketahui, Vietnam U-23 baru saja membuat kejutan di Piala AFC U-23 2018 dengan melaju hingga babak final. Sayang, mimpi mereka untuk membawa pulang gelar harus kandas akibat kekalahan 1-2 dari Uzbekistan pada final yang dihelat hingga babak tambahan itu.

Bertolak belakang dengan Thailand yang justru tak bisa membawa beberapa pemain terbaiknya di Piala AFF 2018. Empat pemain inti seperti Chanathip Songkrasin (Consadole Sapporo/Jepang), striker Teerasil Dangda (Sanfrecce Hiroshima, Jepang), bek sayap Theerathon Bunmathan (Vissel Kobe/Jepang), dan Kawin Thamsatchanan (OH Leuven, Belgia/kiper) tak mendapat izin klub karena Piala AFF 2018 bukan agenda FIFA.

"Tanpa mereka, kami masih kandidat kuat. Saya memiliki kepercayaan diri pada pemain yang akan mampu menahan tekanan dan bermain di bawah arahan pelatih. Saya bertekad untuk menghadapi segala jenis tantangan di turnamen ini," ia menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Thailand

09 November 2018: Timor Leste vs Thailand

17 November 2018: Thailand vs Indonesia

21 November 2018: Filipina vs Thailand

25 November 2018: Thailand vs Singapura

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.