Sukses

Asian Para Games 2018 Diharapkan Bebas Kebakaran Hutan dan Lahan

Asian Para Games 2018 digelar di Jakarta pada 6 Oktober hingga 13 Oktober

Liputan6.com, Jakarta Kurang dari sebulan Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah ajang internasional Asian Para Games 2018. Sejumlah persiapan, seperti venue pertandingan dan fasilitas lainnya sudah dilaksanakan panitia penyelenggara.

Momen olahraga bagi penyandang disabilitas itu rencananya digelar di Jakarta pada 6 Oktober hingga 13 Oktober 2018 yang diikuti 42 negara se-Asia.

Saat ini tengah digelar pawai obor Asian Para Games. Setelah sukses dan semarak di empat kota, Solo, Ternate, Makassar, dan Denpasar, sekarang pawai obor bakal menyambangi Pontianak, Kalimantan Barat pada Rabu (19/9/2018).

Sementara itu, kebakaran hutan dan lahan yang melanda sejumlah wilayah di tanah air dalam beberapa hari terakhir cukup memprihatinkan. Tidak hanya mengkhawatirkan masyarakat sekitar lokasi kebakaran tapi juga seluruh bangsa Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Segera Bertindak

Anggota Komisi IV DPR RI yang mengawasi masalah lingkungan hidup, Salim Fakhry, mendesak pemerintah segera mengatasi kebakaran hutan dan lahan guna menjaga citra atau nama baik Indonesia sekaligus memperlancar perhelatan Asian Paragames.

"Masalah kebakaran hutan dan lahan harus cepat diatasi kementerian terkait. Pemerintah daerah harus segera bertindak dengan intervensi pemerintah pusat. Jangan sampai kebakaran hutan dan lahan terulang," tutur Salim Fakhry di Gedung DPR RI belum lama ini.

Sementara itu, guna menyukseskan Asian Paragames, sebanyak 1500 satuan tugas yang meliputi petugas imigrasi, bea cukai, tim medis, jajaran Angkasa Pura II, serta aparat TNI-POLRI telah disiapkan.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, para personel satgas bersiaga di Terminal 2 serta Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, dengan tugas utama memberi kemudahan akses bagi kontingen Asian Paragames yang memiliki kebutuhan khusus.

"Kita telah melakukan simulasi pelayanan satgas berulangkali terhadap pergerakan rombongan saat tiba di bandara kemudian meninggalkan bandara hingga kembali ke negara asal," ujar Awaluddin.

3 dari 3 halaman

Latihan

Latihan intensif terus digenjot seluruh atlet nasional Asian Paragames 2018, termasuk 28 perenang andalan yang giat berlatih di kolam renang milik Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Solo, Jawa Tengah.

Indonesia bakal mengikuti delapan dari sebelas nomor yang dilombakan dalam Asian Paragames dengan menerjunkan 18 perenang putra serta 10 perenang putri. Selain kemampuan mumpuni, status Indonesia sebagai tuan rumah menambah nilai positif meningkatkan kepercayaan diri para atlet meraih prestasi optimal.(Tim Liputan6)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.