Sukses

4 Alasan Batas Gaji Barcelona Lebih Tinggi dari Real Madrid

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola La Liga baru saja merilis batas total gaji yang diperbolehkan bagi klub-klub peserta. Barcelona berada di urutan teratas, mengungguli rival abadinya Real Madrid.

Musim ini, Barcelona diperbolehkan menggunakan anggaran hingga 632,97 juta euro atau setara Rp Rp 11 Triliun untuk gaji. Baik itu untuk pemain maupun staf pelatih di tim intinya.

Sementara Real Madrid berada di urutan kedua, dengan angka 566,53 juta euro. 

Batasan ini memang bukan masalah bagi kedua klub raksasa tersebut. Pasalnya, mereka masih punya ruang yang lebih dari cukup untuk menutupi gaji pemain dan staf pelatihnya. 

Hanya saja, kenapa batas Real Madrid lebih rendah dari Barcelona? 

Seperti dilansir AS, ternyata ada empat pertimbangan yang membuat Barcelona unggul atas Real Madrid. Apa saja? Simak ulasannya pada halaman berikut. 

2 dari 5 halaman

Uang Masuk

Alasan yang pertama tentu saja pemasukan. Ternyata Barcelona punys pemasukan yang lebih besar dari Real Madrid. Kerjasama baru dengan Nike dan sponsor di baju, jadi lumbung uang tim asal Catalunya itu. Sementara pendapatan lain berasal dari penjualan pemain, seperti Paulinho, Lucas Digne, Yerry Mina, Aleix Vidal, Gerard Deulofeu dan Andre Gomes.

Untung dari transfer pemain yang dilakukan tiga tahun lalu juga masih masuk hitungan. Dengan demikian, Barcelona dianggap mendapat pemasukan sebesar 222 juta euro dari penjualan Neymar. Faktor ini sangat berpengaruh kepada batas gaji Barcelona. 

3 dari 5 halaman

Unit di Luar Sepak Bola

Alasan kedua yang tak kalah pentingnya adalah jumlah unit lain di luar sepak bola. Barcelona ternyata memiliki unit di luar sepak bola yang lebih banyak dari Real Madrid, seperti tim sepak bola wanita, futsal, bola basket, dan masih banyak lagi. 

Untuk unit-unit ini, Barcelona membutuhkan angka hingga 15 juta euro. 

4 dari 5 halaman

Penjualan Ronaldo Belum Berpengaruh

Real Madrid juga sebenarnya mendapat pemasukan baru dari penjualan Cristiano Ronaldo ke Juventus. Namun dana sebesar 105 juta euro dari penjualan pemain asal Portugal itu telah dialokasikan untuk proyek masa depan guna pengembangan Santiago Bernabeu. 

Real Madrid telah menyiapkan 45 juta euro, sehingga sebagian besar uang masuk dari Ronaldo belum sepenuhnya bisa digunakan untuk meningkatkan batas gaji musim ini. 

5 dari 5 halaman

Tambah Anggaran Gaji

Rekening Real Madrid harus memungkinkan tim untuk meningkatkan batas upah mereka untuk musim 2018/19. Anggaran Los Blancos musim depan harus didorong sekitar 43,2 juta euro dan ini baru akan berdampak pada batas gaji yang dikeluarkan oleh La Liga.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Busquets Semakin Matang Bersama Barcelona
Artikel Selanjutnya
FIFA Ikut Campur, Barcelona Vs Girona Batal Digelar di AS?