Sukses

Menghitung Kans Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Fase Gugur Asian Games 2018

Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga hidup mati melawan Hong Kong di laga pamungkas Grup A Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Meski berstatus tuan rumah Asian Games 2018, peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke fase gugur di ujung tanduk. Garuda Muda akan menjalani laga hidup mati melawan Hong Kong di Stadion Patriot, Senin (20/8/2018).

Untuk lolos ke babak 16 besar Asian Games, dua negara teratas dari enam grup bakal langsung mendapat tiket otomatis. Empat negara lainnya dari enam grup masih bisa lolos dengan status peringkat ketiga terbaik.

Saat ini, Timnas Indonesia U-23 berada di peringkat ketiga Grup A dengan enam poin. Sayangnya, kemenangan telak 3-0 atas Laos, dua hari lalu tidak bakal dihitung untuk menentukan posisi tiga terbaik yang bisa lolos ke babak 16 besar.

Ini dikarenakan Laos menjadi juru kunci Grup A yang diisi oleh lima negara. Sesuai aturan di Asian Games, poin kemenangan atas tim juru kunci di Grup A tak bakal dihitung.

Itu artinya, Timnas Indonesia U-23 wajib menang atas Hong Kong kala bertanding di Stadion Patriot. Sayangnya, Hong Kong bukanlah lawan mudah untuk tim asuhan Luis Milla.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Kalah

Hong Kong belum menelan kekalahan di fase grup Asian Games. Di pertandingan pertama, mereka menang 3-1 atas Laos. Kemudian mereka menang telak 4-0 atas Taiwan dan berhasil menahan imbang Palestina dengan skor 1-1.

Bila meraih kemenangan atas Hong Kong, Timnas Indonesia U-23 akan lolos sebagai juara Grup A. Namun jika kalah atau hanya meraih hasil imbang, Indonesia hanya berpeluang untuk lolos dari mekanisme empat tim terbaik peringkat ketiga.

Artinya, ini juga masih harus menunggu hasil pertandingan dari grup lainnya untuk melihat siapa saja tim yang mampu finis di posisi ketiga.

Setelah itu, diterapkan dengan melihat dari jumlah poin yang dikoleksi masing-masing tim, secara berurutan diikuti dengan melihat selisih gol, jumlah gol yang berhasil dicetak, serta kriteria fair-play (skor terendah dari jumlah kartu kuning dan kartu merah yang diraih) dari tim yang bersangkutan. Dan jika masih sama juga ditentukan berdasarkan pot tertinggi saat dilakukannya drawing.

 

3 dari 3 halaman

3 Tim Lolos

Sejauh ini, baru ada tiga tim yang lolos ke fase 16 besar Asian Games cabang olahraga sepak bola. Mereka adalah, Palestina, Uzbekistan, dan Malaysia.

Malaysia mencuri pertahtian setelah mengalahkan Korea Selatan dengan skor 2-1, 17 Agustus lalu. Korea Selatan merupakan juara bertahan sekaligus unggulan peraih medali karena diperkuat striker Tottenham Hotspur, Son Heung-min.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.