Sukses

Hamsa Lestaluhu, Kunci Kemenangan Timnas Indonesia U-16 atas Malaysia

Timnas Indonesia U-16 singkirkan Malaysia di AFF U-16 2018.

Liputan6.com, Sidoarjo - Hanya butuh waktu empat menit bagi Hamsa Lestaluhu untuk berkontribusi besar terhadap kemenangan Timnas Indonesia U-16 di babak semifinal AFF U-16 2018 melawan Malaysia. Umpan terukurnya kepada Mochammad Supriadi di menit ke-70 berbuah tendangan penalti untuk kesebelasan berjuluk Garuda Asia itu.

Bagus Kahfi yang maju menjadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan. Lewat titik putih, saudara kembar dari Bagas Kaffa itu mampu merobek gawang Malaysia.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini baru memasukkan Hamsa di menit ke-66 untuk menggantikan Andre Oktaviansyah. Dipercaya tampil sebagai supersub, gelandang asal Tulehu itu langsung unjuk kebolehan.

Bertanding di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (9/8/2018), Timnas Indonesia U-16 pun menang 1-0 dan berhasil lolos ke final AFF U-16 2018.

"Syukur alhamdulillah, pergantian jadi kunci, Hamsa passing yang baik ke Supriadi. Penalti ini proses kerja sama yang baik. Di luar itu, kami layak untuk menang. Kami mendominasi, kami bangga terhadap pemain dan penonton," ujar Fakhri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Partai Ketat

Fakhri awalnya menyangka Malaysia akan bermain terbuka. Akan tetapi, pasukan Raja Azlan Shah Raja Shoib itu malah cenderung bertahan. Untungnya, David Maulana dan kawan-kawan tetap bermain efektif.

"Ini pertandingan ketat, saya berharap, Malaysia bermain terbuka, tapi mereka main aman, bertahan dengan cukup baik, dan memanfaatkan counter attack," imbuh Fakhri.

3 dari 3 halaman

Jadwal Final AFF U-16 2018

Sabtu, 11 Agustus 2018

Thailand Vs Timnas Indonesia U-16

Stadion Gelora Delta, Sidoarjo

Live Indosiar Pukul 19.00 WIB

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.