Sukses

Perahu Pinisi Bawa Obor Asian Games 2018 Berlayar di Bulukumba

Kirab Obor Asian Games mencapai Indonesia bagian tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal pinisi membawa api obor Asian Games 2018 berlayar saat menyambangi Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/7/2018).

Setelah diterbangkan dari Sorong, Papua Barat dan tiba di Makassar, api obor Asian Games dibawa menuju Bulukumba.

Bupati Bulukumba, Andi Muhammad Sukri Sappewali, menerima api obor Asian Games di Islamic Center Bulukumba. Sebanyak 10 atlet Bulukumba, Mario Lawalata, Minarti Timur, dan Rosiana Tendean mengarak api obor ditemani pelari dari Polisi dan TNI. 

Api obor hingga tiba di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Bonto Bahari sekitar pukul 17.30 WITA. Menggunakan tiga perahu pinisi dan didampingi 45 perahu kecil, api obor kemudian berlayar menggunakan pinisi dari PPI Bonto Bahari menuju Pantai Pasir Putih Tanjung Bira.

"Ini merupakan kehormatan bagi Kabupaten Bulukumba sebagai salah satu lokasi di Sulawesi Selatan yang disinggahi api obor Asian Games," kata Bupati Bulukumba Andi M Sukri Sappewali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapal Legendaris

Perahu pinisi merupakan kebanggaan dari suku Bugis, yang dikenal sebagai perancang, perajin sekaligus pelayar handal.

Kapal ini telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO, badan PBB untuk pendidikan, keilmuan dan kebudayaan, sebagai salah satu warisan budaya dunia.

3 dari 3 halaman

Berakhir di Pantai Pasir Putih Tanjung Bira

Kirab api obor Asian Games pada hari ini berakhir di Pantai Pasir Putih Tanjung Bira. Di sana digelar upacara penyambutan dan Festival Tanjung Bira yang menampilkan berbagai tarian dan makanan tradisional setempat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.