Sukses

Perahu Pinisi Bawa Obor Asian Games 2018 Berlayar di Bulukumba

Liputan6.com, Jakarta - Kapal pinisi membawa api obor Asian Games 2018 berlayar saat menyambangi Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/7/2018).

Setelah diterbangkan dari Sorong, Papua Barat dan tiba di Makassar, api obor Asian Games dibawa menuju Bulukumba.

Bupati Bulukumba, Andi Muhammad Sukri Sappewali, menerima api obor Asian Games di Islamic Center Bulukumba. Sebanyak 10 atlet Bulukumba, Mario Lawalata, Minarti Timur, dan Rosiana Tendean mengarak api obor ditemani pelari dari Polisi dan TNI. 

Api obor hingga tiba di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Bonto Bahari sekitar pukul 17.30 WITA. Menggunakan tiga perahu pinisi dan didampingi 45 perahu kecil, api obor kemudian berlayar menggunakan pinisi dari PPI Bonto Bahari menuju Pantai Pasir Putih Tanjung Bira.

"Ini merupakan kehormatan bagi Kabupaten Bulukumba sebagai salah satu lokasi di Sulawesi Selatan yang disinggahi api obor Asian Games," kata Bupati Bulukumba Andi M Sukri Sappewali.

2 dari 3 halaman

Kapal Legendaris

Perahu pinisi merupakan kebanggaan dari suku Bugis, yang dikenal sebagai perancang, perajin sekaligus pelayar handal.

Kapal ini telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO, badan PBB untuk pendidikan, keilmuan dan kebudayaan, sebagai salah satu warisan budaya dunia.

3 dari 3 halaman

Berakhir di Pantai Pasir Putih Tanjung Bira

Kirab api obor Asian Games pada hari ini berakhir di Pantai Pasir Putih Tanjung Bira. Di sana digelar upacara penyambutan dan Festival Tanjung Bira yang menampilkan berbagai tarian dan makanan tradisional setempat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jalan Sehat Bersama Jokowi di Makassar Semarakkan Asian Games
Artikel Selanjutnya
18 Pegulat Indonesia Asah Taktik Jelang Asian Games 2018