Sukses

Terungkap, Penyebab Lorenzo Berpisah dengan Pelatih di Ducati

Jorge Lorenzo berpisah dengan pelatih usai seri pertama MotoGP Qatar.

Liputan6.com, Barcelona - Jorge Lorenzo sempat membuat kejutan karena tiba-tiba berpisah dengan pelatihnya, Alex Debon. Kedua belah pihak sempat bungkam, namun Debon baru-baru ini ungkap penyebab kepergiannya.

Debon yang merupakan eks rival Lorenzo dan sama-sama eks rider Aprilia Racing, menjadi pelatih balap Por Fuera sejak akhir musim lalu. Ia pun mendampingi Lorenzo di seluruh uji coba pascamusim dan pramusim, bahkan hadir di seri pertama musim ini, yang digelar di Losail, Qatar.

Meski begitu, secara mengherankan Debon menghilang begitu saja di seri-seri berikutnya. Debon tak pernah memberi penjelasan, sementara Lorenzo selalu menolak menjawab setiap kali disinggung media massa soal perkara ini.

Debon akhirnya menyebut bahwa dirinya mengalami masalah internal dengan orang dalam di Ducati.

"Saya tak mengira bakal begini. Kinerja kami baik-baik saja. Tapi ada beberapa orang dalam Ducati yang tak menyukai keberadaan saya, serta perjuangan saya membela kemauan rider saya, karena mereka tak bisa menerimanya dengan baik. Pada akhirnya mereka menciptakan ketegangan dan Lorenzo berkata usai Qatar, sebaiknya saya tetap di rumah mengingat situasi di Ducati tak kondusif," ujar Debon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hubungan Tetap baik

Di sisi lain, Debon menyebut bahwa hubungannya dengan Lorenzo baik-baik saja. Meski pernah menjadi rival sengit di kelas balap yang lebih ringan, Debon mengaku selalu memiliki hubungan harmonis dengan lima kali juara dunia tersebut.

"Di atas segalanya, cinta dan rasa hormatlah yang kami punya untuk satu sama lain. Saya menganggap Jorge seperti adik saya sendiri selama bertahun-tahun, dan hubungan kami tak berubah meski saya tak mendampinginya balapan. Tapi jujur saja, memang ada dua orang di Ducati yang tak suka dengan kehadiran saya," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Dampingi di Repsol Honda

Debon akhirnya juga menanggapi kabar resminya Lorenzo meninggalkan Ducati ke Repsol Honda tahun depan. Pria asal Spanyol ini pun mengaku akan segera melakukan pertemuan dengan Lorenzo, di Seri Catalunya, Spanyol akhir pekan ini atau Seri Aragon pada September mendatang. Ia juga tak menutup kemungkinan kembali melatih Lorenzo di Honda.

"Kami belum bicara soal itu. Saya belum tahu rencana Jorge, tapi kami akan bertemu di Montmelo atau Alcaniz, dan kami akan bicara soal persoalan yang telah terjadi selama dua bulan belakangan, yakni selama saya tak mendampinginya. Ia tahu apa kontribusi apa yang bisa diberikan Alex Debon dan apa yang sudah kami raih bersama," pungkasnya.(mrc/dhy)

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.