Sukses

Regulasi WSSP300 Adil, Galang Hendra pun Rebut Juara

Galang Hendra membuktikan skillnya yang mampu bersaing dengan pembalap lain di WSSP300

Liputan6.com, Jakarta - Galang Hendra sukses rebut juara saat mengikuti World Supersport 300 (WSSP300) Republik Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (10/6/2018). Dia finis terdepan dengan keunggulan 4,739 detik dari pembalap yang berada di posisi kedua.

Memasuki seri ke-5 WSSP300, Galang Hendra makin ganas di lintasan. Ini semua dikarenakan regulasi yang semakin adil bagi semua pembalap.

Pada 4 seri sebelumnya, penyelenggara WSSP300 tidak memberi batasan berat yang adil. Kompetitor diuntungkan dengan volume silinder yang lebih besar yang membuat kecepatan maksimal (top speed) dan akselerasi keluar tikungan sangat sulit disaingi.

Tentang regulasi bobot dikombinasi antara pembalap dan motor ini sudah disepakati pihak FIM dan Dorna. Untuk sepeda motor berkapasitas silinder besar Ninja 400 dan CBR500R total beratnya wajib 215 Kg, kemudian RC390R wajib dengan bobot 208 kg dan Yamaha YZF-R3 dengan berat 205 kg.

Inilah yang membuat kini Galang Hendra bisa lebih leluasa untuk mengejar target.

"Hasil yang luar biasa. Pada akhirnya, kinerja Galang Hendra terbukti dari peraturan yang adil di WSSP300. Ini adalah penghargaan untuk YZF-R3 yang dibuat di Indonesia dan Galang Hendra berasal dari Yogyakarta, Indonesia," ujar Minoru Morimoto selaku Presiden Direktur PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembuktian Skill

Kemenangan di Brno juga menjadi pembuktian skill mumpuni dari Galang Hendra. Dengan bekal ilmu dari VR46 Academy milik Valentino Rossi, kemampuan balap Galang terus bertambah matang.

Merah Putih Semakin Di depan. Lagu Indonesia Raya berkumandang indah di tanah Eropa. Sebuah kebanggaan bagi masyarakat Indonesia yang turut menjadi saksi Garuda Muda berjuang dan berjibaku di track Sirkuit Brno.

Jalannya balapan WSSP300 Republik Ceko di Brno sangat menegangkan. Meski pole, Galang Hendra mengalami start yang kurang mulus dan berada di urutan ke-2 setelah melalui tikungan pertama. Tetapi dengan berani dan agresif Galang Hendra kembali mengambil alih pimpinan balapan.

Dia terus memperlebar jarak dengan pembalap kedua, di beberapa sektor galang sangat cepat dengan Racing line yang rapi dan disiplin, hingga akhirnya lomba dihentikan disebabkan adanya pembalap yang mengalami crash, 3 lap menjelang finis.

3 dari 3 halaman

Komentar Galang Hendra

Kemenangan ini menjadi kombinasi yang sempurna bagi Galang Hendra. Dia mampu mengibarkan bendera tim YAMAHA Pata Semakin Di Depan Biblion MotoX Racing sekaligus membuktikan ketangguhan perfoma Yamaha YZF-R3. Model global yang diproduksi di Indonesia. Hal ini yang menjadi kebanggaan tersendiri.

Walaupun YZF-R3 kalah dalam raihan top-speed dengan Ninja 400 dan RC390R, tetapi Galang Hendra dapat mengoptimalkan skill balapnya. Berdasarkan data saat race, maka top speed YZF-R3 Galang Hendra mencapai 181,8 km/jam, sedangkan Ninja 400 dan RC390R masing-masing di angka 198,2 km/jam yang diukir Loureiro (DS Junior Team) dan 194,9 km/jam oleh Grunwald (Freudenberg KTM WorldSSP Team).

Unggul di 4 sektor trek Brno yang memiliki panjang 5,403 Km Galang Hendra sangat dominan dan mampu memaksimalkan perpaduan skill dengan motornya, sejak latihan bebas hingga kualifikasi dan warm up. Galang Hendra yang berusia 19 tahun dapat konsisten menjadi yang tercepat. Terbaik secara keseluruhan dan terbaik diantara semua pembalap YZF-R3 dan juga diantara rider program bLU cRU Challenge.

“Alhamdulillah, saya sangat bahagia dan bahagia dengan meraih podium juara untuk Merah Putih Semakin Di Depan. Terimakasih kepada tim, sponsor, masyarakat Indonesia dan keluarga yang mendukung dan mendoakan. Saya akan melakukan yang terbaik dan fokus untuk balap selanjutnya di Misano," ujar Galang Hendra Pratama yang saat ini ada di posisi ke-8 dalam klasemen sementara WSSP300.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.