Sukses

Kejar Prestasi, Ronaldo Butuh Rivalitas dengan Messi

Liputan6.com, Madrid - Legenda Manchester United, Rio Ferdinand, menilai Cristiano Ronaldo (Real Madrid) butuh rivalitas dengan Lionel Messi (Barcelona) untuk bisa meraih banyak prestasi.

Ronaldo dan Messi telah mendominasi sepak bola dalam satu dekade terakhir. Keduanya sama-sama memenangkan lima Ballon d’Or.

Akan tetapi, dalam empat tahun terakhir, karier Ronaldo boleh dibilang lebih bersinar ketimbang Messi. Buktinya, Ronaldo sukses memenangi tiga Ballon d’Or dan tiga Liga Champions. Ia juga mengantar Portugal juara Piala Eropa 2016.

Menurut Ferdinand, keberadaan Messi 'memaksa' Ronaldo untuk bekerja lebih keras di lapangan.

“Skill luar biasa membuat Ronaldo melangkah sejauh ini, tetapi ada banyak pemain seperti itu. Pikirkan Rivaldo, Luis Figo dan Ronaldo Brasil, atau Ronaldinho. Mereka fenomenal tetapi mereka bertarung untuk menjadi yang terbaik di dunia hanya untuk dua atau tiga tahun," kata Ferdinand kepada The Sun.

1 dari 3 halaman

Selalu Konsisten

Cristiano Ronaldo (AFP/Christof Stache)

“Ronaldo telah berada dalam diskusi setiap tahun selama satu dekade. Dia mencetak 50 gol setiap musim. Dia telah memproduksi kemampuan di level tertinggi selama 15 tahun. Dia juga seorang team player."

“Memiliki Messi pada saat bersamaan berarti Ronaldo telah didorong ke tingkat yang lebih tinggi. Selalu pertarungan antara mereka untuk menjadi pemain terbaik di dunia. Muhammad Ali membutuhkan Joe Frazier, Roger Federer membutuhkan Nadal, Larry Bird membutuhkan Magic Johnson. Anda tidak pernah berbicara tentang satu bontang, tanpa menyebutkan yang lain," Ferdinand menambahkan.

2 dari 3 halaman

Statistik Ronaldo

Ronaldo musim ini membela Madrid dalam 43 pertandingan. Pemain 33 tahun itu juga mencatatkan 44 gol dan delapan assist.

Artikel Selanjutnya
Prediksi Real Madrid Vs Liverpool Versi Cristiano Ronaldo
Artikel Selanjutnya
Tugas Messi Lebih Sulit dari Maradona