Sukses

3 Pemain Top Portugal yang Pernah Membela AC Milan

Liputan6.com, Jakarta Klub-klub Serie A tak kalah kelas dengan tim di kompetisi lain dalam urusan pemain bintang. Liga Italia juga selalu menghadirkan pemain berkualitas.

Banyak pemain berbakat yang diimpor dari berbagai negara. Di antaranya bintang yang berasal dari Portugal.

Portugal memang selalu melahirkan pemain-pemain istimewa. Sebut saja Cristiano Ronaldo, yang kini sudah menjadi penting klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

Memang tak banyak pemain Portugal yang merumput di Serie A. Meski demikian, kemampuan mereka tak bisa dipandang sebelah mata.

Begitu juga dengan pemain Portugal yang membela AC Milan. Sedikit memang, tapi peran mereka untuk Rossoneri sangat penting. Berikut kiprah pemain Portugal itu.

1 dari 4 halaman

Manuel Rui Costa

Sebelum membela AC Milan, Rui Costa bergabung dengan Fiorentina (1994-2001). Costa membela AC Milan hampir 5 tahun lamanya.

Memulai karier profesional di Benfica, masa keemasan Rui Costa terjadi saat ia berlaga di Liga Italia bersama Fiorentina kemudian AC Milan.

Milan membeli Costa cukup mahal. Pelatihnya saat itu, Fatih Terim, membawa sang pemain ke Rossoneri dengan biaya 44 juta euro.

Namun, perekrutan Costa tak sia-sia. Gelandang berteknik tinggi itu sukses membawa Milan menjuarai beberapa turnamen bergengsi.

Pemain Portugal itu tidak mengecewakan karena membantu Milan memenangkan Liga Champions pada 2002/03. Ia juga memenangkan gelar Serie A, Coppa Italia, Piala Super Italia dan Piala Super Eropa dengan raksasa Italia tersebut.

2 dari 4 halaman

Paulo Futre

Paulo Jorge dos Santos Futre, adalah legenda Portugal dengan posisi pemain sayap kiri. Setelah mulai bermain untuk Sporting, ia pindah ke Porto.

Paulo memulai karier profesional yang luas, setelah mewakili klub di Spanyol, Prancis, Italia dan Jepang. Di Italia, Paulo pernah bergabung dengan AC Milan.

Namun, tahun-tahun terakhirnya dirusak oleh masalah cedera. Pemain internasional Portugal sejak usia 17, Futre memperoleh lebih dari 40 caps untuk negaranya, mewakili di Piala Dunia 1986.

Karena masalah cedera yang terus berlanjut serta persaingan dari pemain berbakat lainnya, ia hanya tampil sekali untuk tim asuhan Fabio Capello.

3 dari 4 halaman

Andre Silva

Andre Silva mulai melejit saat promosi ke skuat utama FC Porto. Sepanjang musim itu, Andre Silva mencetak 21 gol dari 44 pertandingan di seluruh kompetisi.

Catatan tersebut membuat Milan tertarik untuk membelinya. Bintang muda Portugal itu direkrut dari FC Porto dengan harga yang cukup mahal, yakni 38 juta euro. Di musim pertamanya bersama Milan, Andre Silva tampil melempem di Liga Italia. Banyak yang memprediksi, Silva bakal bersinar di Serie A seperti kompatriotnya terdahulu.

Artikel Selanjutnya
Gennaro Gattuso Buat AC Milan Semakin Solid
Artikel Selanjutnya
Cetak Gol Perdana, Striker AC Milan Tantang Arsenal