Sukses

Anthony Wayne Tak Dapat Garansi Masuk Timnas Basket Indonesia

Perbasi tidak menjamin Anthony Wayne Cates Jr bisa masuk timnas basket Indonesia.

Jakarta - Ketua Perbasi, Danny Kosasih, tak bisa menggaransi bahwa Anthony Wayne Cates Jr bisa masuk timnas basket Indonesia. Hal ini dikarenakan kemampuan Wayne belum pernah teruji di liga lokal.

Kementrian Sekretariat Negara resmi mengabulkan surat permohonan naturaliasi untuk Wayne pada 12 Desember 2017. Permohonan ini sudah diajukan Wayne sejak tiga tahun lalu melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga.

"Saya tidak tahu apakah Wayne bisa bermain untuk timnas. Selama ini dia tidak pernah bermain di liga lokal dan belum diketahui bagaimana performanya," ujar Danny kepada Bola.com saat dijumpai di Britama Arena, Jumat (5/1/2017).

Sebelumnya Wayne pernah masuk dalam daftar pemain Pelita Jaya pada 2014. Namun, pebasket asal Amerika Serikat tersebut belum pernah sekalipun tampil pada pertandingan resmi.

Proses naturalisasi Wayne juga tidak diketahui Perbasi. Danny menyebut sang pemain mengajukan diri secara personal ke Kemenpora.

"Saya tahu dia mengajukan naturalisasi ke Kemenpora, tetapi kami tidak tahu apapun setelah itu. Kalau untuk timnas semuanya kembali ke keputusan pelatih," sambungnya.

Wayne menjadi pemain naturaliasi keempat di Indonesia. Sebelumnya Indonesia sudah memiliki Ebrahim Enguio Lopez, Jamarr Johnson, dan Anthony Hargrove sebagai pemain naturalisasi. Namun, hanya Ebrahim dan Jamarr yang pernah bermain untuk timnas basket Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.