Sukses

Bisa Apa MU Tanpa Pogba?

Pogba diperkirakan tidak bisa membela MU selama enam pekan.

Liputan6.com, Manchester - Untuk pertama kalinya pada 2017/2018 Paul Pogba tidak akan ada pada starting eleven Manchester United (MU). Pemain asal Prancis itu dipastikan absen menghadapi Everton, Minggu (17/9/2017), karena cedera paha.

Pogba terkena masalah saat MU menghadapi FC Basel di Liga Champions, Selasa (12/9/2017). Di laga itu dia hanya bertahan 19 menit.

"Berdasar pengalaman, cedera seperti ini butuh waktu pemulihan beberapa minggu," kata pelatih MU, Jose Mourinho, dilansir ESPN.

Menurut pemeriksaan, Pogba diperkirakan harus istirahat selama enam pekan. Dia akan melewatkan beberapa partai penting, yakni duel kontra Liverpool di Liga Inggris dan pertandingan versus Benfica di Liga Champions.

Terkaparnya Pogba merupakan ujian bagi The Red Devils. Sebab, sosok berusia 24 tahun tersebut sudah menjadi nyawa permainan tim.

Berdasar penilaian Whoscored, Pogba memiliki rapor 8,09 dari empat pertandingan Liga Inggris musim ini. Tidak ada pemain dengan angka lebih tinggi dari itu.

Perannya membantu MU memuncaki klasemen sementara jadi alasan mengapa Whoscored begitu menghargainya. Dia memainkan peran terhadap terciptanya empat gol bagi anak asuh Jose Mourinho, melalui dua gol dan dua assist. Pada kategori ini, Pogba hanya tertinggal di belakang Henrikh Mkhitaryan dan Alvaro Morata (masing-masing lima).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terus Meningkat

Kinerja Pogba sebenarnya juga mengesankan pada 2016/2017. Di tengah sorotan karena berstatus pemain termahal dunia, sebelum digeser Neymar beberapa bulan lalu, dia kesulitan menunjukkan penampilan terbaik pawa awal keberadaannya di Old Trafford.

Namun, mantan penggawa Juventus ini perlahan memperlihatkan kualitasnya. Pada akhirnya, Pogba mendapat angka 7,72 atau menempati posisi tiga secara keseluruhan.

Kontribusi Paul Pogba bagi Manchester United terus meningkat seiring berjalannya waktu. (AP/Nick Potts)

Besarnya pengaruh Pogba terlihat ketika dirinya absen pada paruh akhir. Dengan Pogba diistirahatkan Mourinho yang fokus ke Liga Europa, MU mengalami penurunan permainan impresif sejak akhir April 2017.

Terhitung pada lima laga tanpanya, The Red Devils cuma bisa memetik satu angka melawan Manchester City, Swansea City, dan Southampton. Sedangkan kekalahan diderita dari Arsenal dan Tottenham Hotspur. MU juga cuma sukses menciptakan dua gol pada periode itu.

3 dari 3 halaman

Calon Pengganti

Ander Herrera (kiri) merupakan kandidat terbaik untuk menggantikan Paul Pogba. (AFP/Oli Scarff)

MU memiliki tiga pemain untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Pogba. Namun, ketiganya memiliki karakter berbeda darinya.

Meski sukses memecah kebuntuan MU pada beberapa laga musim ini, Marouane Fellaini tidak memiliki mobilitas dan teknik sepertinya. Sedangkan Michael Carrick punya gaya berbeda. Belum lagi kakinya yang sudah tidak kuat karena menginjak 36 tahun.

Satu-satunya harapan adalan Ander Herrera. Namun, pemain asal Spanyol itu mengalami penurunan performa karena kalah bersaing seiring kedatangan Nemanja Matic. Herrera bahkan tidak masuk skuat pertandingan melawan Basel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.

    Paul Pogba

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Formasi