Sukses

Persebaya Pimpin Klasemen Setelah Kalahkan PSBI Blitar

Persebaya kalahkan PSBI Blitar 2-1 pada lanjutan Liga 2.

Liputan6.com, Surabaya - Persebaya Surabaya kembali ke puncak klasemen Grup 5 kompetisi Liga 2 2017. Tim berjuluk Green Force ini berhasil mengunci peringkat pertama setelah mengalahkan PSBI Blitar dengan skor 2-1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (11/7/2017) sore.

Persebaya aktif menyerang pertahanan PSBI sejak menit pertama. Sektor sayap masih menjadi andalan Green Force. Selain itu, Persebaya juga menekan dari pergerakan lincah kapten tim Rendi Irwan Saputra. Sayang, Persebaya harus kehilangan Kurniawan Karman karena mengalami cedera. Posisinya digantikan oleh Irfan Jaya pada menit ke-14.

Persebaya mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran kepada Oktafianus pada menit ke-23. Sayang, Misbakhus Solikin yang ditunjuk sebagai algojo justru gagal mengonversi penalti menjadi sebuah gol. Bola sepakannya masih menyamping di kanan gawang PSBI yang dikawal Fahmi Idris.

Dua peluang diperoleh PSBI secara beruntun pada menit ke-28 dan 29. Namun keduanya belum berbuah gol. Pun demikian dengan peluang Persebaya dari sepakan first time Rishadi Fauzi di menit ke-30. Kans Fauzi berhasil dimentahkan penjaga gawang PSBI.

Persebaya membuka keunggulan pada menit ke-35. Sundulan M. Hidayat yang menyambut umpan lambung Irfan Jaya berhasil mengoyak gawang PSBI. Kedudukan menjadi sama kuat 1-1 setelah PSBI berhasil menyamakan skor di menit ke-38. Gol PSBI tercipta oleh tendangan bebas Luxy Ariawan.

Peluang terakhir Persebaya pada babak pertama diciptakan Solikin di menit ke-43. Sayang tendangan bebasnya mendarat tepat di pelukan penjaga gawang PSBI. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak 2

Green Force masih mempertahankan permainan menyerang pada babak kedua. Sebuah kesempatan didapat bek M. Syaifuddin pada menit ke-54. Sayang sundulannya masih melambung dari gawaang. Usaha Persebaya untuk mencetak angka belum membuahkan hasil hingga 15 menit babak kedua berlangsung.

Gol penentu kemenangan untuk Persebaya baru tercipta pada menit ke-69. Tendangan bebas Solikin meluncur indah ke gawang PSBI. Gol, Persebaya berbalik unggul 2-1. Persebaya hampir menambah keunggulan pada menit ke-77. Sayang, tendangan Oktafianus berhasil digagalkan penjaga gawang PSBI.

PSBI juga memiliki sejumlah kesempaatan di babak kedua. Namun usaha mereka selalu menemui jalan buntu. Kemenangan Persebaya dengan skor 2-1 bertahan hingga bubar pertandingan. Tambahan tiga poin mengantarkan Persebaya kembali ke puncak klasemen Grup 5 dengan 11 poin. (Dimas Angga P)


Susunan Pemain

PSBI Blitar: Fahmi Idris, Dwi Wendy Saputra, Taufik Angga, Wahyu Gunawan, Ismail Sholeh, Asni Fitrian, Miftachul Huda, Wawan Triyono, Jaya Teguh Angga, Luxy Ariawan, Sugiarto

Pelatih: Ferry Taufik Budiman


Persebaya: Dimas Galih Pratama, Andri Muliadi, M. Syaifuddin, Irvan Febrianto, Abu Rizal Maulana, M. Hidayat, Misbakhus Solikin, Rendi Irwan Saputra, Kurniawan Karman, Oktafianus Fernando, Rishadi Fauzi

Pelatih: Angel Alfredo Vera


Wasit: Steven Yubel Poli (Manado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.