Sukses

Fantastis, Rekor Final Dani Alves Lewati Barcelona

Dani Alves antar Juventus ke final Liga Champions usai terkam AS Monaco di semifinal.

Liputan6.com, Barcelona - Dani Alves menorehkan rekor fantastis di sepak bola Eropa. Bek kanan asal Brasil ini sukses tembus final ke-14 usai Juventus kalahkan AS Monaco 2-1 pada leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu (10/5/2017).

Dengan kemenangan ini, Juventus lolos ke final Liga Champions dengan agregat kemenangan 4-1. Alves menyumbang satu gol kemenangan lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti.

Torehan 14 kali laga final dicapai Alves dalam 11 tahun kariernya di Eropa. Setelah diboyong Sevilla dari Esporte Clube Bahia pada 2002, Alves terus menorehkan prestasi di klub.

Dia jalani final pertama pada musim 2005/06 dengan sevilla di Piala UEFA. Dani Alves turut membantu Sevilla kalahkan Middlesbrough 4-0 kala itu.

Setelah itu, dia masih jalani 3 laga final lagi dengan sevilla di kancah Eropa. Saat hijrah ke Barcelona 2008, Alves teruskan tren positif.

Dia torehkan 9 kali final di kancah Eropa, termasuk tiga kali final Liga Champions dan dua kali Piala Dunia Klub. Dengan keberhasilannya tembus ke final bersama Juventus, Alves kini kalahkan rekor final Juventus sejak 2005/06.

Selama itu, Barcelona hanya tampil di 12 kali final. Ini tentu makin membuat Barcelona sakit hati lepas Alves ke Juventus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Alves

Alves tak sekadar beruntung dalam mencapai torehan 14 kali tampil di laga final. Dia juga turut berperan besar atas prestasi klub yang dibelanya.

Bersama Juventus, dia juga berperan besar lewat assist dan juga gol yang diciptakannya. Bagi Alves, laga final tak akan dikenangnya jika tak berhasil menjadi juara.

"Kami harus menang, pengalaman mengajarkan jika kami tak sekadar main di final tapi Anda harus memenangkannya," ujar Alves seperti dikutip sport.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.