Sukses

Soroti Pertahanan, Mantan Kapten MU Beri Saran buat Mourinho

Selama mengenakan kostum MU, Vidic tampil dalam 300 pertandingan.

Liputan6.com, Manchester - Nemanja Vidic adalah salah satu bek tengah terbaik yang pernah dimiliki Manchester United (MU). Ia pun ikut menyoroti apa yang telah dilakukan pelatih Jose Mourinho untuk membuat pertahanan MU semakin solid.

Lini belakang memang menjadi salah satu persoalan MU di musim 2016/2017. Itu karena Mourinho tak memiliki banyak pilihan untuk sektor bek tengah. Ia hanya bisa mengandalkan Eric Bailly, Phil Jones, dan Chris Smalling.

Sialnya, ketiga pemain tersebut secara bergantian mengalami cedera sepanjang musim ini. Namun, dengan skuat yang dimiliki saat ini, Vidic menilai Mourinho masih punya peluang untuk menjadikan MU sebagai salah satu tim dengan pertahanan terbaik.

"Eric memulai dengan sangat baik dalam dua atau tiga bulan. Lalu ia tak beruntung dengan cedera dan Piala Afrika. Ia agresif, punya potensi, dan masih muda. Ia senang untuk bertahan dan memiliki kualitas untuk berkembang," kata Vidic seperti dikutip Manchester Evening News.

Vidic yang menjadi kapten MU pada 2011-2014 itu menambahkan, "Tapi saya masih berpikir bahwa Jones atau Smalling bisa membangun kemitraan dengan Bailly. Smalling punya mentalitas untuk bertahan, ukuran fisik pun membantunya. Tapi jika Anda meminta saya menyebut bek tengah yang paling saya suka, itu adalah Bailly."

Rojo Jadi Alternatif

Jelang laga melawan West Bromwich Albion di Old Trafford, Sabtu (1/4/2017), Mourinho pun dipusingkan dengan cederanya Jones dan Smalling. Kesialan kedua pemain itu didapat saat tengah membela timnas Inggris.

Artinya, bek tengah murni yang tersisa buat MU hanya Bailly. Namun, Mourinho masih memiliki alternatif dengan menjadikan Marcos Rojo sebagai bek tengah. Dalam beberapa kesempatan, Rojo juga melakukan peran itu dengan sangat baik.

Marcos Rojo (AFP/Oli Scarff)

"Rojo adalah pemain yang telah bekerja dengan baik untuk posisi full back di Argentina. Apakah ia cukup baik untuk bermain di pusat pertahanan? Tentu saja. Ia sudah tampil di banyak laga bersama MU," ujar Vidic.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Nemanja Vidic

Video Terkini