Sukses

Gabung Persib Bandung, Berapa Gaji Michael Essien?

Terakhir, Essien digaji Rp 22,7 miliar per musim oleh Panathinaikos.

Liputan6.com, London - Michael Essien resmi bergabung dengan Persib Bandung untuk kompetisi Liga 1 tahun ini. Lalu, berapa Persib menggaji mantan gelandang Chelsea itu per musim?

Bila melihat rekam jejak gaji Essien dua tahun terakhir, sesungguhnya nilainya terbilang masih mahal untuk ukuran sepak bola Indonesia. Pada Juli 2015, Essien bergabung dengan klub Yunani, Panathinaikos, dan mendapat bayaran lebih dari 1,6 juta euro atau Rp 22,7 miliar per musim.

Setahun kemudian, kontrak pemain asal Ghana ini diputus kontraknya oleh Panathinaikos. Setelah itu, Essien praktis tidak memiliki klub. Pemain berusia 34 tahun sempat dikabarkan hijrah ke Liga Australia, tapi batal.

Bila melihat data dari transfermarkt, nilai Essien mencapai 800 ribu euro atau setara Rp 11 miliar. Namun, bila melihat anggaran klub-klub top Indonesia sekalipun, belum ada yang rela merogoh kocek sebesar itu hanya untuk satu pemain.

Rumor yang beredar menyebut gaji Michael Essien menyentuh Rp 4 miliar per musim. Petinggi Persib belum ada yang membenarkan kabar tersebut. Apalagi urusan gaji, sepak bola Indonesia juga belum bisa terbuka.

Yang menarik, harga transfer Essien pernah menyentuh 45 juta euro atau sekitar Rp 640 miliar. Kala itu, Essien dibeli Chelsea dari Olympique Lyon pada Agustus 2005 dan hampir 12 tahun kemudian, nilai sang pemain menurun drastis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.