Sukses

Mourinho Mengembalikan Keangkeran Old Trafford

Mourinho sukses membawa MU menang lima kali beruntun di Liga Inggris.

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United (MU) berhasil menutup tahun 2016 dengan manis. Tim asuhan Jose Mourinho menang dramatis atas Middlesbrough 2-1 pada laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Sabtu (31/12/2016).

Kemenangan ini melanjutkan tren positif MU di penghujung 2016. Setan Merah menang beruntun lima kali pada ajang Liga Inggris. Kini MU mengoleksi 36 poin dan berada di urutan kelima.

Meski masih terpental dari zona Liga Champions, kemenangan atas Middlesbrough membuat MU cuma terpaut tiga angka saja dari posisi tiga yang ditempati rival sekota Manchester City.

MU nyaris tersandung di pekan 19 Liga Inggris. Mereka tertinggal lebih dulu di menit 67 melalui gol dari Grant Leadbitter. Middlesbrough terus memimpin hingga menit 84.

Pasukan Mourinho baru bisa membalas gol Leadbitter di menit 85 lewat aksi penyerang Anthony Martial. Secara dramatis, MU berbalik unggul semenit kemudian berkat gol Paul Pogba.
Selebrasi Pemain MU saat mengalahkan Middlesbrough (Reuters)
Sukses MU membalikkan keadaan di menit akhir menunjukkan Mourinho sudah mulai mampu mengembalikan keangkeran Old Trafford. Dari tiga laga kandang terakhir di Liga Inggris, Setan Merah selalu menang.

Total MU menang empat kali beruntun di kandang. Terakhir kali MU menang berturut-turut lima kali di Liga Inggris pada April 2015.

"Para pemain MU sangat fenomenal. Kami berhasil melakukan sesuatu yang dicintai fans. Kami membawa fans 'masuk' ke lapangan dalam 15 menit terakhir. Ini seperti 11 pemain tim tamu melawan 70 ribu orang di lapangan," ujar Mourinho.
Mourinho mulai menemukan ramuan yang pas untuk MU (Reuters)
Meski menang atas Middlesbrough, Mourinho tidak sepenuhnya senang.

"Ini mungkin kemenangan yang bagus. Namun, saya tidak merasakan kebahagiaan yang sempurna. Sebab, saudara saya, Aitor Karanka berada di tim lain," ucap Mourinho, dikutip dari BBC.

"Dia sudah melakukan pekerjaan yang menakjubkan di sini (kandang MU). Namun sebagai saudaranya, saya sedih atas kekalahannya," kata pria berusia 53 tahun tersebut menambahkan.
Mourinho ikuti prestasi Ferguson (Reuters)
Kemenangan atas Sunderland membuat Mourinho mengikuti jejak Sir Alex Ferguson sebagai manajer yang mampu meraih 150 kemenangan di Liga Inggris. Nama-nama lain yang juga sudah 150 menang adalah Arsene Wenger, Harry Redknapp, David Moyes dan Sam Allardyce.

Berkat lima kemenangan beruntun di Liga Inggris, MU berada di posisi tiga tim dengan prestasi terbaik di Liga Inggris sepanjang tahun 2016. MU mendapat 72 poin sepanjang tahun 2016 dari 38 laga. Mereka hanya kalah dari Chelsea dan Liverpool.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Mourinho