Sukses

Indonesia Rebut 10 Medali di Hari Pertama Kejuaraan AKF ke-15

Karateka cantik, Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung, hanya mampu mempersembahkan perunggu bagi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Karate Indonesia merebut 10 medali pada hari pertamapelaksanaan Kejuaraan Asia Karate-Do Federation (AKF) "15th AKF Championship 2016" di Celebes Convention Centre (CCC) Makassar, Sulawesi Selatan, 25-27 November 2016. Menurut Pelatih Kepala, Omita Olga Ompi di Makassar, masing-masing terdiri atas tiga medali perak dan tujuh perunggu.

Dikutip dari Antara, tiga medali perak dipersembahkan oleh Puspita Meidiana Indah (kumite putri junior -59kg), Dwi Fadhilah (kumite putri junior kelas -48kg), dan Ni Made Yuli Kristina Devi yang turun di kumite putri cadet -54kg.

Sementara untuk tujuh medali perunggu tim karate Indonesia masing-masing dipersembahkan Muhammad Arsyal (kumite putra cadet +54kg), Barigh Alfat Aziz (kumite putra cadet -57kg), Marzella Sekar Damayanti (kumite putri cadet -47kg).

Selanjutnya Ivan Fairuz Taher (kata putra cadet), Detrina Sabda Nugraha (kata junior putra), Ceyco Georgia Zefanya yang tampil di kelas kumite putri junior kelas +59kg. Ceyco gagal mengulang sukses di kejuaraan dunia WKF Junior yang berlangsung di ICE, Serpong, Banten, tahun lalu. Saat itu, karetak cantik itu berhasil merebut emas di nomor +59kg.

Meski mampu merebut 10 medali pada hari ini, Omita mengakui memang tidak sesuai yang diharapkan. Sebab Timnas Indonesia sebelumnya begitu percaya diri mampu merebut medali emas pada pertandingan hari pertama ini. Dirinya berharap hasil ini tidak membuat motivasi atlet menurun disisa pertandingan ke depan.

"Ada beberapa faktor yang membuat kita belum mampu merebut medali emas seperti atlet yang tidak tenang ketika bertanding. Ini tentu menjadi bahan evaluasi agar bisa meraih hasil yang lebih baik," ujarnya.

Pelatih karate timnas dan Sulsel, Mursalim Badoo sebelumnya menyatakan sebanyak sembilan karateka asal Sulawesi Selatan terpilih memperkuat Timnas Indonesia pada ajang tersebut.

Sembilan karateka itu diantaranya Muhammad Arsyal (kumite 52kg putra), Andi Jernih (kumite 47kg putri), Ardinan (kumite 52kg putra), Afdal Kalam yang turun di kumite 70kg putra. Selanjutnya Nurizka (kata perorangan putri), Krisda Putri, Nurizka dan Nadia (kata beregu putri), Muh Caesar dan Firdayanti yang masing-masing tampil di kumite kategori U-21.

Lihat juga video corner6 yang mengulas tentang kehidupan karetak Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.