Sukses

Brasil Vs Afsel: Mencari Start Sempurna demi Emas Pertama

Brasil ingin mengakhiri kutukan tak pernah meraih medali emas.

Liputan6.com, Rio de Janeiro- Pertandingan cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade 2016 akan dimulai hari ini, Kamis (4/8/2016). Tuan rumah Brasil akan ditantang Afrika Selatan pada laga Grup A. Brasil membidik poin penuh guna menambah kepercayaan diri tim yang berambisi merebut medali emas.

Brasil selama ini dikenal sebagai negara penguasa sepak bola. Mereka merupakan tim yang paling sering juara Piala Dunia. Brasil juga melahirkan banyak pesepak bola hebat dari masa ke masa. Namun mereka belum pernah sekali pun merasakan medali emas Olimpiade cabang olahraga sepak bola putra.

Tim Samba berambisi mengakhiri kutukan tersebut di Olimpiade 2016, di mana mereka menjadi tuan rumah ajang empat tahunan itu. Brasil sangat serius mempersiapkan tim. Pemain terbaik mereka Neymar sengaja tidak dibawa ke Copa America Centenario demi fokus bermain di Olimpiade.

Kemenangan di laga pertama sangat penting bagi Brasil untuk menambah kepercayaan diri mereka selama Olimpiade Rio de Janeiro berlangsung. Oleh karena itu meski di atas kertas diunggulkan atas Afsel, pelatih Brasil Rodrigo Micale tetap akan menurunkan pemain-pemain terbaik di laga pertama.

Micale akan mengandalkan Neymar untuk bisa membongkar pertahanan Afsel. Pemain Barcelona itu akan bekerja sama dengan dua pemain muda di lini depan, Gabriel Jesus dan Gabriel Barbosa.

Kedua pemain berbakat Brasil ini akan berlomba-lomba tampil sebaik mungkin di Olimpiade agar bisa pindah ke Eropa tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Costa Cedera

Di lini tengah, Micale menemui kendala karena Douglas Costa tidak bisa tampil akibat cedera. Renato Augusto dan Rafinha Alcantara yang bakal diandalkan Brasil.

Sementara itu, Afsel tidak terlalu diunggulkan di Olimpiade 2016. Terlebih setelah pelatih Owen da Gama tidak bisa menurunkan pemain andalannya Phakamani Mahlambi. Wonderkid Afsel itu tidak jadi ikut ke Brasil karena cedera serius.

Padahal Mahlambi digadang-gadang bakal menjadi salah satu pemain yang bersinar di Olimpiade 2016. Dengan absennya Mahlambi maka kapten Keegan Dolly bakal bekerja ekstra keras.

Kemenangan dengan selisih dua gol tampaknya bisa didapat Brasil di laga pembuka ini. Kedua tim pernah bertemu di laga uji coba Maret lalu. Saat itu Brasil menekuk Afsel dengan skor 3-1.

Prakiraan Susunan Pemain

Brasil: Prass, Garcia, Marquinhos, Zeca, Santos, Rafinha, Augusto, Maia, Jesus, Neymar, Barbosa.

Afsel: Khune, Mathoho, Coetzee, Mngonyama, Moerane, Modiba, Masuku, Sandows, Motupa, Ntshangase, Dolly, Mothiba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini