Sukses

Ospina Gemilang, Kolombia Lolos ke Semifinal

Ini kali pertama Kolombia tampil di semifinal sejak 2004.

Liputan6.com, New Jersey - Keberuntungan benar-benar menaungi Kolombia saat melawan Peru pada perempat final Copa America 2016. Tiket semifinal digenggam Kolombia setelah menang adu penalti dengan skor 4-2.

Bertahan memang menjadi senjata andalan Peru di Copa America 2016. Mereka sadar dengan keterbatasan pemain yang memiliki karakter sebagai goal getter, maka pertahanan mereka harus mampu mematahkan semua serangan lawan.

Baca Juga

  • Spanyol Dominan di Piala Eropa 2016, Morata Ogah Jemawa
  • Ada di Papan Atas, Mitra Kukar Ungguli Persib?
  • 4 Dampak Kehadiran Mourinho di MU

Cara itu yang membawa mereka ke perempat final Copa America 2016. Dari tiga laga Grup B, mereka mampu mencetak dua clean sheet. Rinciannya, Peru menaklukkan Haiti 1-0, menahan Ekuador 2-2, dan mempecundangi Brasil 1-0.

Kolombia pun nyaris menjadi korban selanjutnya kala bertemu Peru pada perempat final di MetLife Stadium, New Jersey, Sabtu (18/6/2016) WIB. Meski menguasai pertandingan, Kolombia benar-benar kesulitan mencari celah di antara lini belakang Peru.

Padahal, Kolombia sudah menurunkan kekuatan terbaiknya. Mulai dari James Rodriguez, Juan Cuadrad, Carlos Bacca, Carlos Sanchez, hingga Cristian Zapata. Namun, mereka tetap dipaksa Peru melanjutkan duel hingga adu penalti setelah skor 0-0 bertahan di waktu normal.

Pada babak tos-tosan lah keberuntungan mulai menaungi Kolombia. Empat eksekutor mereka mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Mereka adalah Rodriguez, Cuadrado, Dayro Moreno, dan Sebastian Perez. Di kubu Peru, tendangan Miguel Trauco mampu diantisipasi kiper David Opsina dan eksekusi Christian Cueva melenceng ke atas gawang.

Menang 4-2, Kolombia pun berhak melanjutkan petualangannya ke semifinal Copa America 2016 untuk kali pertama sejak 2004. Kini, tim asuhan Jose Pekerman itu tinggal menunggu pemenang duel antara Meksiko dan Cile untuk mereka hadapi di semifinal.

Susunan Pemain:

Peru (4-2-3-1): Gallese; A Rodriguez, Corzo, Ramos, Trauco, Vilchez, Cueva, Tapia, Guerrero, Polo (Benavente 81), Flores (Ruidiaz 77)

Kolombia (4-2-3-1): Ospina; Zapata, Diaz (Fabra 90+1), Arias, Murillo, Sanchez, Cuadrado, Rodriguez, Cardona (Moreno 76), D Torres (Perez 80), Bacca

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini