Sukses

Pembalap Korsel Kuasai Etape Pertama ITdBI 2016

Sekitar 200 meter terakhir, Dong Hyun mampu melewati dua pembalap terdepan.

Liputan6.com, Banyuwangi - Dong Hyun Shin pembalap asal Korea yang tergabung dalam tim LX-IIBS Cycling Team akhirnya berhasil meraih prestasi perdananya dengan menjuarai etape pertama Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 dengan catatan waktu 3 jam 58 menit 38 detik.

Di rute sepanjang 171,4 km tersebut, Dong Hyun sebenarnya tidak tampil agresif. Pembalap 26 tahun bahkan membiarkan pembalap Selandia Baru, Jason Christie (KenyaRidersDownunder) dan MaGuangdong (Wisdom -HengxiangCycling Team) berada di depan hingga berselisih lebih dari 2 menit.

Baca Juga

  • Sanksi Pembekuan PSSI Dicabut, Begini Tanggapan FIFA
  • Marquez Yakin Honda Bakal Pertahankan Pedrosa
  • Indonesia Terbuka 2016, PBSI Berharap Raih 3 Gelar



Dua pembalap tersebut terus memisahkan diri bersama 12 pembalap lainnya setelah lomba melintasi jarak 30 km. Namun hingga balapan memasuki separuh etape, Christie dan Ma Guangdong tinggal berdua di posisi paling depan.

Tetapi Dong Hyun dan rombongan kedua terus menjaga selisih waktu. Mereka baru benar-benar merespons sekitar lima kilometer terakhir. Selisih waktu pun terus berkurang hingga mereka akhirnya tersusul. Puncaknya, sekitar 200 meter terakhir, Dong Hyun mampu melewati  dua pembalap itu untuk mengklaim kemenangan perdananya tahun ini.

Tepat di belakangnya, Ma Guangdong membuntutinya di garis finis bersama Rully Ibnu Faroka dari Customs Cycling Club, Enseong Jung dari Geunsam Insam Cello, dan Fatahillah Abdullah dari Indonesia National Team.

Hasil tersebut membuat Dong Hyun Shin menjadi pemimpin klasemen umum (general classification). Pada etape kedua besok, 12 Mei, dia akan memimpin balapan dengan mengenakan yellow jersey.

"Ini adalah event pertama yang saya ikuti dan ini sekaligus menjadi prestasi perdana bagi saya," kata Dong Hyun Shin, Rabu (11/5/2016).

ITdBI telah menjadi agenda rutin (calendar of event) Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI) digelar hingga 14 Mei mendatang. ITdBI telah mendapatkan peringkat ”excellent” dari UCI yang menjadikan ITdBI sebagai 7 kejuaraan balap sepeda terbaik di Asia, dan yang terbaik di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini