Sukses

Galeri Foto: Kesederhanaan HUT ke-86 PSSI

Ulang tahun PSSI jatuh pada 19 April dan perayaannya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Ulang Tahun PSSI ke-86 yang jatuh pada hari ini, Selasa (19/4/2016) berlangsung sederhana. Tanpa kehadiran Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti, acara digelar seadanya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, sejak siang hingga sore hari.



Hadir dalam acara ini, Ketua Tim Ad Hoc yang juga mantan ketua umum PSSI, Agum Gumelar. Begitu juga dengan anggota-anggota Exco PSSI. Selain itu, tampak juga Wakil Ketua Umum KONI, Suwarno, dan beberapa legenda sepak bola Indonesia serta anak-anak Yatim Piatu.



Seperti diketahui, tepat 86 tahun lalu, Ir. Soeratin Sosrosoegondo memiliki inisiatif untuk mendirikan sebuah organisasi yang menaungi seluruh aktivitas sepak bola Indonesia. Ia pula yang menjabat sebagai Ketua Umum PSSI yang pertama. Dulu, tujuan dibentuknya PSSI adalah menjadikan sebagai alat pemersatu bangsa. Maklum, saat itu Indonesia masih dalam masa penjajahan Belanda.



Setelah era Soeratin, orang datang silih berganti untuk memimpin PSSI. Untuk masa jabatan 2015-2019, giliran La Nyalla Mattalitti yang terpilih untuk menjabat sebagai Ketua Umum PSSI.



Sayang, di masa kepemimpinannya situasi persepak bolaan Indonesia justru tidak kondusif. Konflik PSSI dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berimbas kepada sanksi FIFA. Saat ini, La Nyalla juga sedang dalam status DPO terkait tuduhan korupsi yang dialamatkan kepadanya.



Perayaan ulatang tahun ke-86 PSSI diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PSSI. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa pahlawan sepak bola yang diteruskan dengan pemberian bingkisan kepada anak Yatim.

Fotografer: Helmi Fitrhriansyah/Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini