Sukses

Tenda Hias Milik TNI Meriahkan Final Piala Presiden 2015

"Ini untuk mencirikan saja," ujar sang Komandan.

Liputan6.com, Jakarta - Partai final Piala Presiden 2015 yang akan mempertemukan Persib Bandung dan Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/10/2015) melibatkan banyak personel keamanan dari gabungan kepolisian dan TNI.

Guna memastikan pertandingan aman dan lancar hingga hari pertandingan, Satgas BKO Kodam Jaya sampai mendirikan tenda disekeliling SUGBK untuk mempercepat penanganan bila situasi darurat terjadi.

Tenda tersebut terlihat paling mencolok dibanding tenda keamanan lain karena dihiasi dengan jaring tali. Satgas BKO Kodam Jaya berkekuatan 1120 personel. Mereka diterjunkan langsung untuk mengamankan jalannya pertandingan.

Di depan tenda tersebut juga disiagakan satu unit kendaraan multifungsi, truk tentara, serta mobil minivan. Menurut Kepala Seksi Operasi Kodam Jaya, Andi menjelaskan tenda dengan jaring hanya sebagai pembeda dari BKO Kodam Jaya. "Ini untuk mencirikan saja," ujarnya ketika ditemui Liputan6.com soal tenda jaring yang didirikan anggotanya.

Pihak keamanan menerapkan keamanan berlapis mengingat pertandingan Minggu besok menurut rencana bakal dihadiri Presiden Joko Widodo. "Kami diperbantukan saja, kami siaga di sini. Tugas utama kami mengecek penonton bila mereka membawa barang yang dilarang tentu akan kami sita," ujar dia.

Sebelumnya, sebanyak 9 ribu-an personel dari Polda Metro Jaya dikerahkan untuk mengamankan jalannya pertandingan antara Persib vs Sriwijaya FC. Aparat Kepolisian dibantu unsur-unsur dari TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Tensi tinggi laga ini berpotensi terjadi di luar lapangan mengingat gesekan antarasuporter Persib Bandung, Bobotoh dengan fan Persija Jakarta, Jakmania. Terlebih percik itu mulai terasa Jumat malam hari kemarin ketika dua bus AKAP dilempari batu oleh orang tidak dikenal di ruas tol TB Simatupang. (Ton/Rjp)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini