Sukses

Permalukan Jerman, Republik Irlandia Jaga Peluang Lolos

Kemenangan ini menjaga harapan Republik Irlandia lolos ke putaran final Euro 2016.

Liputan6.com, Dublin - Jerman dipermalukan tuan rumah Republik Irlandia di kualifikasi Euro 2016 di Aviva Stadium, Jumat (9/10/2015) dini hari WIB. Republik Irlandia menang tipis 1-0. Gol tunggal Shane Long ini sekaligus menjaga asa Republik Irlandia untuk lolos ke putaran final Euro 2016.

Sejak awal laga Jerman langsung banyak melancarkan serangan cepat dari sayap. Tim tamu nyaris mencetak gol pertama pada menit 9. Namun, sundulan Boateng memanfaatkan umpan tendangan penjuru masih melayang diatas mistar gawang Given.

Menit 19 Muller mengirim umpan silang ke tiang dekat kemudian disambar Ozil dan berhasil menggetarkan jala gawang Given. Namun hakim garis sudah mengangkat bendera tanda posisi Ozil terlebih dahulu offside.

Jerman memang sepenuhnya mengendalikan permainan. Namun, Irlandia dengan sabar memainkan bola untuk memancing para pemain Jerman untuk lebih mendekat ke daerah pertahanan, untuk selanjutnya melancarkan serangan balik.

Walters hampir saja bisa mencetak gol. Berawal dari umpan Hoolahan, Walters meneruskannya dengan tendangan dari jarak dekat. Namun, bola masih bisa ditahan Kroos dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Jelang jeda, Mesut Ozil nyaris menciptakan keunggulan bagi Die Mannschaft. Mathias Ginter dan Muller memeragakan umpan satu-dua kemudian mengirim umpan silang rendah yang disambar oleh Ozil. Namun bola bisa ditangkap oleh Shay Given. Paruh pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Gol tunggal Shane Long berhasil menggulingkan Jerman
Seperti di babak pertama, Jerman benar-benar menguasai jalannya pertandingan dan memaksa Irlandia berada di pertahanannya sendiri. Menit 56 Christie mengirim umpan silang kepada Schurrle. Dia segera melepaskan tembakan keras, namun sayang masih melambung diatas mistar gawang.

Irlandia yang lebih banyak ditekan justru memimpin pada menit 70 lewat gol Shane Long. Bermula saat Randolph melepaskan tendangan ke arah Long. Tak butuh lama Long kemudian melepaskan sepakan ke pojok kiri gawang dan tidak mampu diantisipasi oleh Neuer.

Tertinggal satu gol, pelatih Jerman Joachim Low menambah daya gedor Die Mannschaft. Sementara, Irlandia terus menjaga pertahanan mereka agar bisa mempertahankan kemenangan.

Jelang laga berakhir sebuah umpan silang disambut sundulan Hummels, namun bola masih tepat ke arah pelukan penjaga gawang Irlandia, Randolph. Dan, bersamaan dengan itu wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan telah berakhir.(Ian/Win)

Susunan Pemain:

Jerman: Neuer; Ginter, Boateng, Hummels, Hector; Özil, Kroos, Gündogan, Reus; Götze, Müller
Irlandia: Given; Christie, Keogh, O'Shea, Ward (David Meyler); Brady, McCarthy, Hendrick, Hoolahan, Walters; Murphy (Shane Long)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.