Sukses

8 Fakta Piala Super Eropa Barcelona vs Sevilla

Bek kanan Barcelona, Dani Alves bisa mencetak rekor di Piala Super Eropa.

Liputan6.com, Tbilisi - Juara Liga Champions musim lalu, Barcelona menantang pemenang Liga Europa, Sevilla di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, Rabu (12/8/2015) dini hari WIB pada ajang Piala Super Eropa.

Piala Super Eropa kali ini sangat spesial, karena kedua tim yang akan bertanding berasal dari Spanyol. Ini untuk kali ketiga, tim asal Spanyol bertanding di Piala Super Eropa, sebelumnya terjadi pada tahun 2006 dan 2014. Menariknya, Sevilla selalu terlibat ketika Piala Super Eropa mempertemukan dua tim asal Spanyol.

Barcelona\

Barcelona dan Sevilla sudah pernah bertemu di Piala Super Eropa tahun 2006. Ketika itu, Dani Alves masih memperkuat Sevilla dan mengalahkan Barcelona dengan skor telak 3-0.

Sevilla

Los Blaugrana (sebutan Barcelona) sudah tampil di Piala Super Eropa sebanyak delapan kali. Rinciannya, empat kali menang dan empat kali seri.

Mau tahu fakta lainnya? Simak di halaman selanjutnya!

*Data dan fakta dikutip dari situs resmi UEFA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Piala Super Eropa Barcelona vs Sevilla

Fakta Piala Super Eropa Barcelona vs Sevilla

1. Sepanjang sejarahnya, kedua tim sudah saling berhadapan sebanyak 152 kali di berbagai kompetisi. Barcelona meraih 80 kemenangan, Sevilla mengantongi 38 kemenangan. Sisanya yang berjumlah 34 laga berakhir imbang.

2. Pada musim lalu di pentas La Liga, Los Blaugrana menang 5-1 atas Sevilla di Camp Nou. Dalam kemenangan itu, Lionel Messi mencetak hattrick dan membuatnya memecahkan rekor Telmo Zarra yang mencetak 251 gol di La Liga.

3. Saat ini, bek kanan Barcelona, Dani Alves sudah memenangkan Piala Super Eropa sebanyak tiga kali, yakni tahun 2006 (bersama Sevilla), 2009 dan 2011. Jika Barcelona mengalahkan Sevilla pada pertandingan nanti, dia bisa menyamai prestasi legenda AC Milan, Paolo Maldini yang sudah memenangkan Piala Super Eropa sebanyak 4 kali.

Dani Alves

4. Pelatih Barcelona, Luis Enrique juga bisa mencetak rekor. Dia bisa menjadi orang keempat yang meraih Piala Super Eropa sebagai pemain dan pelatih. Enrique pernah menjuarai Piala Super Eropa saat masih menjadi pemain Barcelona tahun 1997. Tiga orang sebelumnya yang sudah menjuarai Piala Super Eropa sebagai pemain dan pelatih adalah Josep Guardiola, Carlo Ancelotti dan Diego Simeone.

Luis Enrique

5. Di pentas Eropa, secara keseluruhan Barcelona telah memenangkan lima dari 21 pertandingan melawan tim Spanyol. Sisanya, imbang enam kali dan kalah 10 kali.

6. Sedangkan Sevilla memenangkan enam dari 15 pertandingan di Eropa melawan tim asal Spanyol. Sisanya, enam kali kalah dan tiga hasil imbang.

7. Pelatih Unai Emery sudah menghadapi Barcelona dalam 19 pertandingan dengan empat tim yang berbeda, yakni Almeria, Valencia, Spartak Moskow dan Sevilla. Namun, dia belum pernah meraih kemenangan. Emery kalah dari Los Blaugrana sebanyak 13 kali dan imbang 6 kali.

Unai Emery

8. Lionel Messi sudah mencetak 22 gol untuk Barcelona dalam 19 pertandingan ketika melawan tim yang dilatih Unai Emery.

Lionel Messi

Baca Juga:
[Polling] MU Menang 1-0 Atas Hotspur, Pilih Pemain Terbaik Disini
Van Gaal Buka Pintu Rekrut Bek Kokoh Valencia
Wonderkid Madrid Ogah Perkuat Tim Castilla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini