Sukses

Punya Ronaldo, Real Madrid Malah Kering Gelar

Ronaldo hanya merebut satu gelar La Liga selama enam musim di Real Madrid.

Liputan6.com, Madrid: Kiprah Real Madrid bersama Cristiano Ronaldo sejak musim 2009/10 tidak secemerlang pesona sang bintang. Bermodalkan produktifitas gol yang tinggi, Real Madrid ternyata kering gelar sejak diperkuat Ronaldo.

Di 7 musim terakhir, Madrid sudah gagal rebut gelar sebanyak enam kali. Real Madrid hanya mampu rebut gelar La Liga pada musim 2011/12, ketika Jose Mourinho memimpin "Los Blancos" di tahun keduanya.

Selama itu, Barcelona kuasai La Liga dengan merebut 5 kali gelar dan Atletico Madrid rebut gelar musim lalu. Seperti dilansir Marca, sulit dimengerti jika Madrid malah kering gelar saat punya mesin gol yang produktif.

Apakah ini bukti jika permainan dan ketajaman Ronaldo tidak efektif? Ketajamannya hanya berlaku untuk kepentingan diri sendiri (gelar pribadi), bukan gelar untuk tim?
Cristiano Ronaldo saat tampil melawan Espanyol (LLUIS GENE / AFP)
Bukti ketajaman Ronaldo bisa dilihat dari jumlah total gol yang sudah dicetaknya untuk Real Madrid. Hingga pekan ke-37 La Liga lalu, dia sudah mencetak 223 gol untuk Madrid di La Liga. Itu artinya, Ronaldo rata-rata mencetak 37 gol per musim. Tapi apa yang didapatkan Ronaldo di Madrid? Dia hanya menang satu gelar La Liga selama 6 musim.

Lanjut ke halaman berikutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Madrid tahu betul jika Ronaldo kurang beruntung jika dibandingkan bintang Barcelona, Lionel Messi. Messi dalam 7 musim terakhir berhasil rebut 5 trofi La Liga. Ketajaman Messi berpengaruh besar dengan keberhasilan Barcelona.

Total, Ronaldo memang mendapatkan lebih dari satu gelar di berbagai kompetisi bersama Madrid. Dia total sudah mengoleksi 7 gelar bersama Madrid. Selain La Liga, Ronaldo juga mendapatkan trofi Piala Raja (2 kali), Liga Champions (1), Piala Super Spanyol (1), Piala Super Eropa (1) dan Piala Dunia Klub (1).

Namun ini tetap saja bukan prestasi gemilang jika dibandingkan dengan Messi.Sejak Ronaldo main di Madrid, Messi mendapatkan 4 gelar La Liga. Sebelum Ronaldo beredar di Spanyol, Messi juga sudah menikmati tiga gelar La Liga. Begitupula ketika dibandingkan dengan prestasi Ronaldo di MU.

Bersama Manchester United (MU) sejak musim 2003/04 hingga 2008/09, Ronaldo berhasil mengoleksi tiga gelar Liga Inggris. 6 gelar lagi diraihnya di berbagai kompetisi.

Cristiano Ronaldo bersama Sergio Ramos (GERARD JULIEN / AFP)

Baca Juga:

Real Madrid Putuskan Masa Depan Casillas

Kutukan Pichichi untuk Cristiano Ronaldo

Nurdin Halid Ungkap Cara Atasi Kisruh PSSI

Selebrasi Juara, Pemain Barca Ledek Madrid dan Espanyol

Meneliti Calon Lawan Manchester United di Liga Champions

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.