Sukses

Whatsapp, Kunci Kebangkitan Barcelona Musim Ini

Pemain gunakan smartphone masing-masing untuk memotivasi diri agar bisa bangkit usai kalah dari Real Sociedad.

Liputan6.com, Barcelona: Barcelona nyaris runtuh dan tak karuan usai kalah 0-1 dari Real Sociedad pada awal tahun lalu atau tepatnya 4 Januari 2015. Suasana di internal Barcelona seakan panas menyusul dugaan pertengkaran antara Lionel Messi dan pelatih Luis Enrique.

Tapi setelah itu, Barcelona menciptakan rentetan kemenangan dan seakan tak terhentikan oleh siapapun. Apa kuncinya? Tak rumit, pemain ternyata menggunakan fasilitas whatsapp group yang mereka punya untuk memotivasi diri.

Seperti dilansir Daily Mail, terkuak jika pemain melecut diri sendiri dalam grup tersebut. Ada semacam semangat untuk bangkit karena tak mau terpuruk seperti musim lalu.

"Jika kita terus seperti ini, kita tak akan memenangkan apapun tahun ini. Kita tak boleh kembali lewati musim tanpa gelar," begitu bunyi percakapan yang terkuak di media.
Percakapan whatsapp antara Xavi dan pemain Barcelona (Daily Mail)
Benar saja sejak percakapan di whatsapp grup 6 Januari itu, Barcelona menunjukkan taji dengan merebut beberapa kemenangan beruntun. Diawali dengan mengkandaskan El Chel 5-0 di perdelapan final Piala Raja hingga kekalahan 2-3 dari Bayern Muenchen pada leg kedua semifinal Liga Champions lalu. Sempat dijegal Malaga 0-1 pada akhir Februari, tapi Barcelona berhasil tancap gas di laga berikutnya.

lanjut ke halaman berikutnya..

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Meninggalkan ego memang menjadi kunci meredanya ketegangan di Barcelona. Suasana sempat dibuat lebih panas ketika Messi tak hadir latihan dan Presiden Jose Maria Bartomeu pecat direktur sport Andoni Zubizaretta.

Konon sang kapten, Xavi Hernandez yang memulai percakapan di whatsapp grup tersebut. Pada 6 Januari itu, pemain sedang tidak latihan. Meski tak bersama, mereka tetap berkomunikasi lewat smartphone masing-masing.

Apakah formula motivasi diri lewat whatsapp grup ini benar-benar berhasil? Barcelona di ambang mendapatkan treble dalam 3 pekan mendatang. Dimulai lawan Atletico Madrid dini hari nanti hingga melawan juventus pada final Liga Champions.

Baca Juga:

MU Tawar Harry Kane, Ini Respon van Gaal

"Semua Orang Senang Jika Madrid Kalah"

Fakta Dibalik Final Liga Champions Barcelona vs Juventus

Juve Jumpa Barcelona, Tevez Tunggu Messi

5 Fakta Menarik Usai Juventus Lolos ke Final

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini