Sukses

Otak-atik Kans Juara Barcelona dan Madrid Usai El Clasico

Jadwal sisa lebih berpihak kepada Real Madrid ketimbang Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta: El Clasico musim ini sudah usai. Laga prestisius yang mempertemukan dua klub raksasa Spanyol itu berkesudahan dengan skor 2-1 untuk Barcelona. Madrid pun harus rela tercecer di posisi 2 klasemen dengan  jarak 4 poin. Barcelona koleksi 68 poin, Real Madrid 64 poin.

Siapa yang paling berpeluang juara? Tentu, pole positions sepertinya dipegang oleh Barcelona. Jika Barcelona mampu memenangkan 10 laga tersisa, maka Barcelona bakal mengoleksi 98 poin di akhir musim nanti.

Sedangkan Real Madrid jika memenangkan 10 laga tersisa bakal mendapatkan poin maksimal 94 poin di akhir musim nanti. Ini tentu perhitungan ideal jika kedua tim menyapu bersih sisa laga.

Namun apakah mungkin bisa lakukan itu? Dilihat dari sisa 10 pertandingan yang ada, Madrid masih setidaknya menghadapi 2 lawan berat yaitu Valencia dan Sevilla. Sedangkan Barcelona masih harus jumpa 3 lawan berat yaitu Atletico Madrid, Sevilla dan Valencia.

Segala hal masih bisa terjadi dan kedua tim masih mungkin tersandung pada laga sisa musim ini. Seperti apa kans keduanya? Liputan6.com mencoba menghitung peluang poin dari kedua tim seperti terhampar di dua halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1

1.Kans Barcelona

Seperti disebutkan di atas, Barcelona masih harus jumpa 3 lawan berat di sisa musim ini. Mereka adalah Atletico Madrid, Sevilla dan Valencia. Kemungkinan menang di tiga laga ini terbuka, tapi tak tertutup kemungkinan juga hasil imbang dan kalah.

Pada 6 April mendatang, Barcelona bakal melawat ke markas Celta Vigo untuk melakoni lanjutan La Liga Spanyol. Laga ini cukup "menjebak" karena Celta Vigo adalah tim yang mempermalukan Barcelona di Camp Nou.

Berikut prediksi poin yang didapatkan Barcelona di 10 laga mendatang:

06/04/15 DIP    Celta de Vigo vs Barcelona  (menang)
09/04/15 DIP    Barcelona vs Almeria (menang)
12/04/15 DIP    Sevilla vs Barcelona  (imbang)
19/04/15 DIP    Barcelona vs Valencia (menang)
26/04/15 DIP    Espanyol vs Barcelona (Menang)
29/04/15 DIP    Barcelona vs Getafe (Menang)
03/05/15 DIP    Cordoba vs Barcelona (menang)
10/05/15 DIP    Barcelona vs Real Sociedad (menang)
17/05/15 DIP    Atletico Madrid vs Barcelona (imbang)
24/05/15 DIP    Barcelona vs Deportivo La Coruna (menang)

Total poin yang didapatkan setelah 10 pertandingan: 94 poin

Jadwal sisa Barcelona memang lebih berliku ketimbang Real Madrid.  Barcelona diprediksi raih hasil imbang di laga tandang melawan Sevilla dan Atletico. Meski tren menunjukkan jika Barcelona superior menghadapi dua tim ini sebelumnya di pertemuan pertama.

Beberapa laga juga diprediksi bisa saja menyulitkan selain 3 lawan berat yang disebutkan sebelumnya. Contohnya laga melawan Espanyol di derby Katalunya atau melawan Real Sociedad. Dua laga ini juga berpotensi membuat Barcelona kehilangan poin penuh meski dari head to head berpihak kepada Barcelona.

3 dari 3 halaman

2

2. Kans Madrid

Real Madrid seperti disebutkan sebelumnya bakal menghadapi dua lawan berat yaitu Sevilla dan Valencia di 10 laga tersisa. Madrid bakal memulai laga setelah El Clasico pada 5 April mendatang. Mereka bakal menghadapi Granada di kandang.

Secara head to head, Madrid diyakini tak akan kesulitan untuk memenangkan duel ini. Bagaimana dengan laga lain? Berikut prediksinya:

05/04/15 DIP    Real Madrid vs Granada (Menang)        
09/04/15 DIP    Rayo Vallecano vs Real Madrid (Menang)    
11/04/15 DIP    Real Madrid vs Eibar (Menang)
19/04/15 DIP    Real Madrid vs Málaga (Menang)
26/04/15 DIP    Celta de Vigo vs Real Madrid (Menang)        
29/04/15 DIP    Real Madrid vs Almeria    (Menang)
03/05/15 DIP    Sevilla vs Real Madrid    (Kalah)    
10/05/15 DIP    Real Madrid vs Valencia    (imbang)
17/05/15 DIP    Espanyol vs Real Madrid    (Menang)
24/05/15 DIP    Real Madrid vs Getafe    (Menang)

Total poin yang didapatkan setelah 10 pertandingan tersisa: 92 poin.

Prediksi di atas didasari oleh head to head Real Madrid dengan lawan-lawannya itu. Di tiga laga ke depan, Madrid sepertinya bakal mendapatkan poin maksimum. Dalam sejarahnya, Granada, Rayo Vallecano dan Eibar tak pernah bisa kalahkan Real Madrid. Lawan yang cukup berat mungkin dari Malaga, laga usai lawan Atletico di perempat final Liga Champions.

Namun, ini pun diprediksi bisa dilewati Madrid karena main di kandang. Hanya laga lawan Sevilla dan Valencia yang mungkin bisa membuat Real Madrid kehilangan poin. Maka itu, secara jadwal, Madrid memang diuntungkan, tapi bisakah ini lewati poin Barcelona?

 

Baca Juga:

Video Aksi Penyelamatan Gemilang Bravo di El Clasico

10 Pesepak Bola yang Lihai Diving

Starting XI Terbaik Kombinasi Barcelona-Madrid

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.