Sukses

5 Penyebab Utama Kekalahan Perdana Chelsea

Ini dia lima penyebab kekalahan Chelsea di kandang Newcastle United.

Liputan6.com, Jakarta - Chelsea menelan kekalahan perdana di ajang Liga Premier Inggris saat berhadapan melawan Newcastle United. Berikut lima penyebab utama dibalik kekalahan The Blues.

Chelsea tak berdaya kala melawat ke markas Newcastle United, Stadion ST James Park, Sabtu (6/12/2014) malam WIB. The Blues takluk dengan skor tipis 1-2.

Papiss Demba Cisse, yang tampil dari bangku cadangan pada menit ke-53, tampil sebagai pahlawan kemenangan The Magpies berbekal sepasang golnya. Gol balasan The Blues dicetak Didier Drogba di menit ke-83. Rekor tak terkalahkan di Liga Premier Inggris pun putus.

Kekalahan ini juga menambah catatan kelam Jose Mourinho. Juru racik berkebangsaan Portugal itu belum pernah menang di ST James Park selama dua kali membesut The Londoners.

Berikut lima alasan dibalik kekalahan perdana Chelsea:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pertahanan Solid Newcastle United



1. Pertahanan Solid Newcastle United

Chelsea memang mendominasi penuh jalannya pertandingan ini dengan statistik penguasaan bola mencapai 66 persen. Namun, serangan The Blues putus ketika mencapai kotak 16 meter Newcastle.

Kuartet lini pertahanan Newcastle United, Fabricio Coloccini, Daryl Janmaat, Steven Taylor, dan Paul Dummett tampil menawan. Mereka selalu mengawasi ketat pergerakan para gelandang impresif Chelsea seperti Eden Hazard, Oscar, Willian, dan Cesc Fabregas.

Siapapun yang memegang bola, salah satu dari keempat pemain bertahan Newcastle selalu menempelnya. Pujian khusus patut diberikan bagi penampilan Steven Taylor yang tampil lugas sebagai pemutus pertama serangan Chelsea. Ketika Taylor diusir ke luar lapangan akibat menerima kartu kuning kedua, ketiga pemain bertahan yang tersisa tak kehilangan fokus hingga peluit akhir dibunyikan.


3 dari 6 halaman

Penampilan Cemerlang Kiper Pengganti


2. Penampilan Cemerlang Kiper Pengganti

Newcastle sebenarnya sempat ketar-ketir ketika kiper Robert Elliot tak bisa melanjutkan pertandingan di babak kedua akibat cedera. Tapi, penampilan Jak Alnwick justru membawa berkah tersendiri bagi The Magpies.

Tercatat The Blues memiliki 16 percobaan tembakan ke arah gawang pada babak kedua. Empat penyelamatan emas tercatat berhasil dilakukan Alnwick pada babak kedua.

Penyelamatan Alnwick yang pasti diingat adalah di menit ke-76 saat Diego Costa melepas tembakan kaki kanan dari jarak dekat. Alnick juga sukses menepis tembakan jarak jauh Felipe Luis di menit kritis pertandingan.

4 dari 6 halaman

Performa Ciamik Cisse



3. Performa Ciamik Cisse

Newcastle United patut berterimakasih kepada Cisse di pertandingan ini. Kehadirannya mengubah drastis jalannya pertandingan. Pemain berusia 29 tahun itu juga menjadi penentu kemenangan The Magpies berbekal lesakkan sepasang golnya.

Gol perdana Cisse hadir di menit ke-57, hanya empat menit setelah dia masuk menggantikan Remy Cabella. Gol tersebut tak lepas dari kesalahan Gary Cahill yang gagal menyapu umpan silang, sehingga Cisse dengan mudah menyontek bola di depan gawang Thibaut Courtois.

Gol kedua Cisse lahir melalui serangan balik cepat. Menerima umpan terobosan Moussa Sissoko, Cisse dengan tenang melepaskan tembakan kaki kiri ke pojok kanan gawang.

5 dari 6 halaman

Chelsea Banyak Buang Peluang



4. Chelsea Banyak Buang Peluang

Tak seperti biasanya, lini depan Chelsea kurang tajam di partai ini. Diego Costa, yang biasanya menjadi mesin gol andalan The Blues, hanya sedikit mendapatkan peluang karena ditempel ketat para pemain bertahan The Magpies.

Ya, Chelsea bak kehilangan arah permainan usai kebobolan dua gol. Para penggawa The Londoners kerap tergesa-gesa ketika membangun serangan dan kurang tenang saat berada di dalam gawang Newcastle United.

Setelah mencetak gol pada menit ke-83 melalui tandukan Drogba, Chelsea sebenarnya memiliki dua peluang emas. Tandukan Gary Cahill di muka gawang pada menit ke-86 masih terlalu lemah sehingga dengan mudah dipeluk Alnwick. Pun demikian dengan peluang Diego Costa di menit ke-89 yang seharusnya berbuah gol.

6 dari 6 halaman

Absennya Nemanja Matic



5. Absennya Nemanja Matic

Ketidakhadiran Nemanja Matic berimbas besar terhadap keseimbangan lini tengah Chelsea di partai ini. John Obi Mikel, yang didaulat sebagai penggantinya, tak bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Tugas utama Matic adalah menjadi pemutus pertama serangan Newcastle dari lini tengah. Matic tercatat sebagai gelandang jangkar yang paling banyak melakukan tekel bersih. Tak ayal, dia kini mendapat julukan The Man of Steal, atau pemain yang paling hebat dalam mencuri bola dari kaki lawan.

John Obi Mikel tak mampu melaksanakan tugas yang ditingglkan Matic pada partai ini. Pemain berkebangsaan Nigeria itu juga sering kehilangan bola dan kerap salah dalam melakukan umpan, sehingga bangunan serangan Chelsea tak terjalin dengan rapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Newcastle United adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Newcastle, Inggris
    Newcastle United adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Newcastle, Inggris

    Newcastle United

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Nemanja Matic adalah pesepakbola profesional Serbia yang bergabung di klub Chelsea dan tim nasional Serbia sebagai gelandang bertahan.
    Nemanja Matic adalah pesepakbola profesional Serbia yang bergabung di klub Chelsea dan tim nasional Serbia sebagai gelandang bertahan.

    Nemanja Matic