Sukses

Rio Haryanto Tercepat di Tes Pramusim Hari Kedua

Rio Haryanto yang tergabung dalam tim Pertamina FP2-EQ8 Caterham Racing mencatat waktu 1:39.129 dalam tes pramusim hari kedua di Bahrain.

Liputan6.com, Bahrain: Pembalap Indonesia Rio Haryanto menjadi yang tercepat pada tes pramusim hari kedua sesi pagi hari di Sirkuit Internasional Sakhir, Bahrain, Kamis (20/3/2014). Tes ini sebagai persiapan sebelum tampil pada lomba balap mobil GP2 Series 2014.

Berdasarkan rilis yang diterima Liputan6.com, Rio yang tergabung dalam tim Pertamina FP2-EQ8 Caterham Racing mencatat catatan waktu 1:39.129 dari 23 kali putaran. Rekan setim Rio asal Amerika Serikat Alexander Rossi menempati posisi kedua dengan catatan waktu 1:39.173. Sedangkan posisi ketiga ditempati pembalap tim Carlin Julian Leal dengan catatan waktu 1:39.528.

Hasil ini memperbaiki pencapaian Rio pada tes hari pertama. Kemarin, Rio menempati posisi kelima catatan waktu 1:41.400. Sedangkan pada sesi sore hari menempati posisi ke-15 dengan catatan waktu 1:41.275.

Di sesi pagi hari ini yang dimulai pukul 09.15 waktu setempat Rio memulai latihan dengan ban baru Pirelly tipe keras. Dalam lima kali putaran pertama, Rio menempati posisi kelima karena melakukan kesalahan pada putaran ketiga. Setelah beberapa lap, pembalap asal Solo ini naik ke posisi keempat dengan menggunakan ban bekas yang sudah dipakai.

Setelah beberapa lama di pit, posisi Rio merosot kesembilan. Dengan ban baru dengan tipe keras, Rio naik ke posisi ketiga. Andrew Ferguson, teknisi Rio asal Inggris, mengubah settingan yang sedikit berbeda dengan hari pertama.

Rio masuk kembali ke lintasan dengan ban baru jenis lunak. Dalam dua putaran saja, Rio mampu menempati posisi pertama dan menyentuh garis finis dengan catatan waktu 1:39.129.

Tim EQ8 Caterham Racing mendominasi tes sesi pagi hari sejak 40 menit sebelum selesai. Di sirkuit Abu Dhabi dan Bahrain, semua pembalap hanya menggunakan jenis ban keras dan lunak. Tapi, yang lebih cocok untuk kondisi track pagi itu adalah yang lunak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.