Sukses

Pameran Beragam Kain Khas Indonesia Kembali Digelar

Pameran produk kreatif kerajinan khas nusantara Adiwastra Nusantara Indonesia 2014 kembali digelar di Hall A dan B JCC, Jakarta.

Pameran produk kreatif kerajinan khas nusantara Adiwastra Nusantara Indonesia 2014 kembali digelar di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Pameran tersebut berlangsung pada 19-23 Februari 2014.

Pameran ini menampilkan berbagai produk unggulan kerajinan dari seluruh Indonesia seperti batik klasik dan kontemporer, batik cap, batik tenun, batik kombinasi, batik tulis serta ikat modern, ikat, lurik, songket, jumputan, serta sasirangan dengan corak dan desain terbaru yang bermutu tinggi.

Ketua Panitia Pameran Adiwarstra Nusantara 2014, Isana Habibie mengatakan Indonesia mempunyai keanekaragaman jenis dan corak kain yang berasal dari semua daerah di nusantara. Hal ini perlu dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda.

"Penggunaan kain adat nggak hanya pakai adat, tapi modern. Kain nusantara kaya akan nusantara, persatukan budaya, kain adalah nusantara," ujar dia di JCC, Jakarta, Rabu (19/2/2014).

Dia mengatakan, dengan gelaran pameran ini, akan mendorong peningkatan kemampuan, daya saing di pasar, program inovasi produk baru. Selain itu, Adiwastra Nusantara dapat memasarkan untuk tingkatkan industri fashion nasional. "Kain yang ada di Adi Wastra Nusantara dorong pariwisata, mulai dari pengenalan kain adat," katanya.

Pada pembukaan pameran ini dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Euis Saedah serta ratusan pengusaha dan pengrajin kain nusantara. Rencananya, mantan presiden BJ Habibie juga akan hadir dalam acara ini. (Dny/Nrm)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.