Sukses

Dahlan Beri Lampu Hijau Bulog Kelola Komoditas Lain

Perum Bulog dinilai berhasil melakukan pengadaan beras sehingga Indonesia tak perlu lagi mengimpor.

Selain fokus dalam pengadaan beras, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) menyatakan siap melakukan pengadaan tiga komoditas lain yaitu, daging, gula, kedelai. Keterlibatan Bulog dalam penanganan tiga komoditas pangan tersebut dimaksudkan untuk membantu pemerintah menstabilkan harga pangan pada tahun ini.

Menanggapi keinginan Bulog ini, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menjamin akan mengizinkan langkah yang ingin diambil oleh perusahaan plat merah tersebut. Padahal sebelumnya, dia merasa berat untuk mengizinkan Bulog untuk membuka usaha selain pada sektor beras.

"Saya akan izinkan karena kalau dulu tidak saya izinkan karena harus fokus kepada beras," ujarnya usai menghadiri Peringatan 11 tahun Perum Bulog yang mengangkat tema 'Kerja, Kerja, Kerja, Bersama Mewujudkan Kedaulatan Pangan, di Kantor Pusat Perum Bulog, Jakarta Selatan, Minggu (19/1/2014).

Dahlan mengatakan, melihat pencapaian Bulog pada pengadaan sektor beras tahun lalu, maka cukup meyakinkan dirinya bahwa BUMN tersebut mampu untuk menjalankan bisnis lain.

"Nah karena beras sudah teratasi dan teratasi bukan mendadak loh ya, tapi  mulai dari 2 tahun ya hampir mencapai target atau hampir berhasil tetapi belum berhasil, terus ngotot lagi pada tahun berikutnya seperti tahun kemarin berhasil sepenuhnya," lanjutnya.

Meski telah memberikan lampu hijau, Dahlan meminta agar Bulog menjaga pengadaan berasnya yang mencapai 3,5 juta ton pada tahun lalu. Harapannya, tidak ada alasan bagi Bulog untuk tidak mampu melakukan mengadakan beras dengan alasan ada penugasan pada komoditas lain.

"Karena 2 tahun membuktikan mampu maka saya izinkan untuk menambah komoditi lain, apakah kedelai, apakah gula silahkan. Tetapi, kalo tahun pertama kedua terus terang tidak saya izinkan karena akan mengganggu fokus," tandasnya. (Dny/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.