Sukses

Ingin Aman Saat Pensiun? Sisihkan 10% dari Gaji Bulanan

Mempersiapkan pensiun bisa dilakukan secara menyicil. Besaran yang paling ideal sekitar 10% dari penghasilan setiap bulan.

Kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin masih menganggap enteng masalah keuangan di masa pensiun. Padahal setiap orang seharusnya dapat mempersiapkan dana hari tua tersebut sejak jauh hari.

Vice President Director PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Nelly Husnayati mengatakan, seseorang memerlukan waktu setidaknya lebih dari 10 tahun untuk bisa mengumpulkan dana pensiun agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya di hari tua.

"Usia orang di Indonesia mungkin rata-rata sekitar bisa sampai 60 tahun -75 tahun, tetapi tabungan kita akan habis dalam waktu 10 tahun sejak menginjak masa pensiun," ujarnya di Jakarta, Kamis (14/11/2013).

Untuk mempersiapkan dana pensiun, lanjut Nelly, sebenarnya dapat dilakukan secara menyicil. Dia menyebutkan, besaran yang paling ideal untuk cicilan tersebut sekitar 10% dari penghasilan setiap bulannya.

"Hanya perlu 10% dari penghasilan, tetapi dilakukan secara rutin tiap bulan. Ini lebih baik dibanding harus menunggu sampai anak selesai sekolah dulu, atau menunggu sampai umur berapa dulu," jelasnya.

Selain itu Nelly menjelaskan, berdasarkan hasil survei Manulife Investor Sentiment Index (MISI) yang dilakukan terhadap 500 orang, 24% responden baru akan memulai mempersiapkan masa pensiunnya setelah menikah, 22% setelah anaknya selesai sekolah dan 21% setelah beberapa tahun bekerja.

Sedangkan, ada beberapa alasan responden masih enggan mempersiapkan masa pensiun antara lain, sekitar 54% masih fokus untuk memenuhi biaya pendidikan anak, 42% merasa masih terlalu muda, 26% merasa pekerjaan belum stabil untuk menyisihkan dana pensiun, dan 20% masih menanggung beban untuk biaya orang tua. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.