Sukses

10 Pencetak Uang Miliaran Rupiah dari Bisnis Youtube (I)

Berawal dari sekadar iseng, seseorang bisa mencetak uang hingga miliaran rupiah dari berbagai video yang diunggahnya di situs gratis YouTube. Setiap tahunnya, salah satu media sosial ternama ini menjadi magnet bagi orang-orang yang bermimpi menjadi hartawan.

Dikutip dari laman The Richest, Selasa (29/10/2013), jika Anda berniat membangun karir lewat media online, Youtube memang memberikan banyak peluang untuk mewujudkannya.

Lewat video yang diunggah di situsnya, secara instan Anda bisa berubah menjadi selebriti online. Untuk mengukur popularitas, Anda bisa melihat jumlah pelanggan (subscriber), pengunduh, dan pageview atau seberapa sering video Anda dilihat pengunjung.

Saat ini mengunggah video di YouTube menjadi salah satu cara yang paling sederhana untuk mencetak banyak uang. Anda bisa menjadi mitra YouTube bahkan meminta dukungan sponsor untuk membuat video Anda terkenal.

Tengok saja, Ray William Johnson. Setiap tahunnya, pria ini bisa mengantongi uang hingga Rp 11,09 miliar dari sejumlah videonya di YouTube. Tak hanya Johnson, masih banyak penggguna Youtube yang juga sukses meraup miliaran rupiah dengan hanya mengunggah videonya.

Berikut 10 orang yang sukses mencetak banyak uang dari YouTube:

1. Ray William Johnson

Penghasilan: US$ 1 juta atau Rp 11,09 miliar per tahun

Ray William Johnson mengunduh sejumlah videonya di YouTube yang terkenal dengan serial Equals Three. Dalam serialnya tersebut, dia melontarkan sejumlah komentar pada berbagai video populer lainnya.

Saat ini akun Jhonson telah memiliki 10 juta pelanggan dan dilihat hingga 2,54 miliar kali. Tak heran, Johnson mampu mencetak uang hingga US$ 1 juta atau setara Rp 11,09 miliar per tahun dari video-videonya itu.

2. Dane Boedigheimer

Penghasilan: US$ 400 ribu atau Rp 4,4 miliar per tahun

Annoying Orange merupakan salah satu program yang paling lucu di YouTube. Pencipta program tersebut, Dane Boedigheimer merupakan mantan asisten produksi MTV dan sangat memahami profesinya sekarang.

Fitur video ini menceritakan sebuah jeruk yang tinggal di dapur bersama buah dan sayuran lainnya. Dane menggunakan mulutnya di jeruk tersebut bahkan menjadi pengisi suara si Orange, nama karakter dalam videonya.

Saat ini, serial tersebut memiliki 3,37 juta pelanggan dan ditonton 1,82 miliar kali. Acara itu diprediksi menghasilkan US$ 400 ribu atau setara Rp 4,4 miliar setiap tahunnya. Meski begitu, penghasilan nyatanya masih misterius hingga kini.

3. Ryan Higa

Penghasilan: US$ 350 ribu atau Rp 3,8 miliar per tahun

Pria yang tenar dengan sebutan `nigahiga` di YouTube ini banyak mengunggah videonya sejak masih belajar di sekolah menengah atas. Awalnya, Higa sama sekali tak menyangka videonya akan ditonton banyak orang.

Dengan 10 juta pelanggan dan videonya telah dilihat 1,6 miliar kali, Ryan menjadi salah satu bintang online paling populer. Sendirian, Ryan diprediksi menghasilkan US$ 350 ribu atau Rp 3,8 miliar setiap tahun. Tak hanya di YouTube, dia juga terlibat di sejumlah program TV dan beberapa media lain.

4. Shane Dawson

Penghasilan: US$ 300 ribu atau Rp 3,3 miliar per tahun

Setelah dipecat dari pekerjaannya di Jenny Craig, Dawson mengunggah videonya saat melakukan pole dancing. Sejak saat itu, dia menjadi selebriti dengan 5,1 juta pelanggan dan miliaran kali ditonton pengunjung Youtube.

Dawson lalu mengunggah berbagai video lainnya termasuk beberapa acara komedi. Dia juga merilis albumnya sendiri di iTunes yang juga menjadi taktik pemasaran hebat. Pendapatannya diprediksi mencapai US$ 300 ribu atau Rp 3,3 miliar.

5. Lucas Cruikshank

Penghasilan: Tak diketahui

Pemuda ini menebarkan sensasinya dengan menghadirkan karakter hiperaktif. Faktanya, pria yang lebih dikenal dengan sebutan Fred Figgelhorn di YouTube ini berasal dari Nebraska.

Dia meniru suara dan gaya anak berusia 6 tahun. Videonya yang menggelitik itu mengundang banyak perhatian di YouTube. Dengan sekitar 2,22 juta pelanggan dan 1 miliar kali ditonton, acaranya di Youtube merupakan salah satu contoh video lucu. Dawson juga berkolaborasi dengan sejumlah selebriti YouTube lain sebagai taktiknya untuk mengembangkan videonya.

Ingin tahu 5 dari  10 orang lainnya yang sukses mencetak banyak uang dari YouTube, simak artikel berikutnya: (Sis/Shd)