Sukses

Sambut APEC, Pemerintah Siapkan 3 Unit SPBG di Bali

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral telah menyiapkan tiga unit stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) untuk menyambut APEC di Bali.

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyiapkan tiga unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) untuk menyambut pertemuan APEC di Bali.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan penerapan konversi bahah bakar minyak (BBM) Ke bahan bakar gas (BBG). Selain memasangkan konveter kit pada kendaraan, pemerintah juga melakukan pembangunan infrastruktur pengisian BBG.

"BBG kita dorong tidak hanya Jakarta, Palembang, Sidoarjo, dan Surabaya. Kemudian di Bali, tiga SPBG untuk APEC akan selesai," kata Jero di Kantornya, Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Jero pun telah meminta PT Pertamina (persero) untuk menyelesaikan pembangunan SPBG di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Pemerintah juga  telah menyediakan gas sebanyak 35 juta kaki kubik per hari (mmscfd).

"Sebenarnya 100 mmscfd ada," tutupnya.

Jero menjelaskan, rencananya bahan bakar gas pada kendaraan patroli keamanan di pertemuan APEC.  Dengan digunakannya BBG pada kendaraan patroli pengamanan APEC,  akan menunjukkan kepada dunia kalau Indonesia sudah melakukan penghematan BBM dan ramah lingkungan

"Kendaraan baru patroli pakai gas, itu sebagai pengamanan APEC di Bali, kami tunjukkan dunia kita pakain kendaraan gas," jelas dia. (Pew/Nd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini