Sukses

10 Aksi Pencurian Termahal Sepanjang 2013

Tak hanya uang dan perhiasan, para pencuri kini juga mengincar berbagai barang yang dianggap bernilai tinggi.

Pencurian perhiasan yang terjadi di Canes, Prancis bulan lalu mungkin dianggap sebagai aksi termahal sepanjang sejarah dengan kerugian mencapai US$ 136 juta.

Disamping aksi pencurian emas tersebut, kejahatan yang sudah ada sejak jam dahulu ini merupakan juga terjadi pada sejumlah barang seni. Bahkan kerugian yang dialami juga tak terhitung nilainya.

Dikutip dari laman Business Insider, Minggu (1/9/2013), berikut adalah 10 aksi pencurian dengan hasil terbesar terbesar sepanjang 12 bulan terakhir.

1. Aksi Pink Panthers di Prancis dengan nilai curian US$ 136 juta

Pencuri perhiasan dan jam tangan mahal merk French Riviera dari sebuah hotel di Nice, Prancis. Pencuri diketahui mengambil jam tangan mahal yang disimpan di kamar tidur di Hyatt Regency Nice Palais de la Méditerranée Hotel di Nice, Prancis dan melarikan diri menggunakan skuter. Kejadian ini terjadi pada 16 Agustus, hampir sebulan setelah rekor pencurian permata di Carlton Hotel Intercontinental US$ 136 juta

Berbeda dengan pencurian di Carlton, yang dilakukan oleh seorang pria bersenjata tunggal, The Telegraph menggambarkan sebuah geng yang mengacungkan senjata mereka kepada staf hotel dan mengambil sejumlah jam tangan  dalam etalase. Polisi berspekulasi bahwa aksi itu dilakukan kelompok kejahatan terorganisir Pink Panthers. sementara harga jam masih belum diketahui.




2. Perampokan Siang Bolong di Prancis, (US$ 136 Juta)

Aksi pencurian ini terbilang nekat karena dilakukan siang bolong di sebuah hotel di Cannes, Prancis bulan lalu. Dari aksinya, para garong berhasil menggondol perhiasan bernilai US$ 136 juta.

Pencuri diketahui masuk hotel mewah Carlton Intercontinental di Cannes melalui pintu samping dan melarikan diri dengan sebuah koper penuh berlian dari pameran perhiasan yang dipublikasikan oleh miliarder Israel Lev Leviev.

Hanya ada tiga penjaga keamanan swasta yang bertugas pada saat itu, meskipun tidak jelas apakah mereka juga bersenjata. Perampokan, yang berlangsung dalam hitungan menit, adalah salah satu pencurian perhiasan terbesar dalam sejarah.




3. Pencurian Karya Lukis Seniman Dunia, (US$ 66,5 juta
)

Pencurian terbesar ketiga terjadi pada Oktober dimana tujuh lukisan senilai US$ 66,5 juta raib dalam sekejap dari galeri Kunsthal Belanda 'di Rotterdam. lukisan tersebut merupakan karya Picasso, Monet, dan Matisse, yang disambar pencuri dalam waktu kurang dari dua menit.

Karya-karya bersejarah mungkin tidak pernah kembali, bulan lalu seorang wanita Rumania, ibu dari salah seorang pencuri diduga, mengaku telah membakar karya-karya dalam oven nya.




4. Pencurian Terbesar dalam sejarah Connecticut, (US$ 90 juta)


Seorang pria Miami didakwa bersalah telah mencuri obat senilai US$ 90 juta. Pencurian pil resep seperti antidepresan, anti-psikotik, dan obat kemoterapi yang digunakan untuk mengobati kanker paru-paru ini merupakan yang terbesar dalam sejarah Connecticut.

Amed dan Amaury Villa, dua bersaudara, diduga masuk ke sebuah gudang yang dimiliki oleh perusahaan farmasi Eli Lilly & Co pada tahun 2010. Memotong lubang di atap, kedua pencuri itu menggunakan tali untuk menurunkan diri ke lantai dan menonaktifkan alarm, sebelum mengangkat palet besar berisi obat dibawa kabur. Amed mengaku bersalah pada bulan Juli, tapi saudaranya tetap diam.




5. Pencurian Berlian dalam Pesawat, (US$ 50 Juta
)

Berlian senilai US$ 50 juta diketahui telah dicuri dari pesawat di Bandara Brussels pada Februari lalu. Pencurian tersebut dilakukan oleh delapan orang yang menyamar sebagai Polisi. Orang-orang bersenjata bertopeng berjalan di Bandara Brussels dan mencegat setumpuk potongan berlian yang baru saja dimuat ke Airways jet Helvetic menuju Zurich.

Mereka melarikan diri melalui lubang di pagar bandara. Sebanyak 31 orang di tiga negara yang diduga terkait dengan kejahatan ini telah ditangkap. Meskipun tidak jelas apakah semua permata yang ditemukan.




6. Pencurian Minyak 10 Ribu Barel, (US$ 18 Juta)


Minyak sebanyak 10 ribu barel yang ditaksir bernilai $ 18 juta milik valuable Canadian maple syrup, dari sebuah gudang di dekat Kota Quebec disikat para perampok.

 


7. Pencurian 100 Brangkas, (US$ 13,3 juta
)

Sebanyak 100 kotak brangkas di Berliner Volksbank bernilai 8,3 juta poundsterling atau US$ 13,3 juta.hilang digindol maling. Selain uang tunai, brangkas tersebut berisi perhiasan, dan barang berharga lainnya. Perampok tersebut beraksi melalui terowongan dan menembus  dinding dengan ketebalan tiga kaki




8. Perampokan di Bank Suriah, (US$ 10 juta)


Di tengah konflik yang melanda negara Timur Tengah ini, muncul aksi perampokan di gedung International Bank for Trade and Finance dengan kerugian ditaksir bernilai US$ 10 juta. Selama krisis politik, lembaga keuangan di Suriah ini telah kehilangan hampir seperlima dari modal.




9. Perampokan Tiga Bank di Los Angeles, US$ 6 Juta


Aksi pencurian yang dilakukan lima perampok ini berhasil menggondol uang hampir mencapai US$ 6 juta. Para perampok beraksi dengan memotong lubang di atap tiga bank di Los Angeles.

Para perampok ini akhirnya bisa ditangkap pada April ketika detektif yang tengah menyamar memantau kantor CitiBank di Diamond Bar yang tengah ditutup dan mengarahkan pada lima pria yang semuanya merupakan mantan pekerja konstruksi.



10. Pencurian Tembaga, US$ 5,5 Juta


Aksi pencurian tak selamanya mengincar uang. Pada Maret lalu, polisi menangkap tiga orang yang diduga bertanggung jawab atas pencurian tembaga terbesar di Arkansas yang senilai US$ 5,5 juta.


(Pew/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini