Sukses

Rahasia Jadi Orang Sukses: Bersikap Baik pada Orang Lain

Jangan gunakan Facebook atau Twitter hanya sebagai alat penjual saja tapi jadikan sebagai tempat untuk berbuat baik pada orang lain.

Para pelaku usaha atau pegawai tentu tahu bahwa profil, citra diri dan koneksi merupakan hal penting untuk mencapai sukses. Mengiklankan produk usaha dan bergaul lewat jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter juga dianggap penting untuk meningkatkan karir.

Namun apakah hanya itu yang bisa membuat Anda menjadi orang  sukses?

Seperti dilansir dari Business Insider, Jumat (30/8/2013), menurut pembicara, pengusaha dan penulis 'Nice Companies Finish First' Peter Shankman, bersikap baik pada orang lain merupakan salah satu rahasia untuk mencapai kesuksesan. Hal ini karena bersikap baik pada orang lain dapat membangun reputasi Anda dalam berkarir.

Untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan jejaring sosial. Jangan gunakan Facebook atau Twitter hanya sebagai alat penjual saja tapi jadikan sebagai tempat untuk berbuat baik pada orang lain.

"Saya tak pernah melihat tanda-tanda sukses dari banyak orang yang bersikap jahat. Sebaliknya, orang-orang yang bersikap baik dapat dengan mudah mencapai kesuksesannya," ungkap Shankman.

Shankman memperkirakan, perusahaan yang baik akan memperoleh pendapatan 30%-40% lebih banyak dari pada perusahaan yang  bersikap sebaliknya.

Bersikap baik dan benar saat bekerja di perusahaan besar pun dapat menjadi pendorong mencapai kesuksesan. Itulah alasannya mengapa reputasi pribadi Anda  sangat penting di mata orang lain. Jejaring sosial dapat membantu Anda dalam hal tersebut.

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan sekarang juga adalah dengan mulai menghubungi teman-teman lama. Dengan begitu, Anda bisa memiliki banyak koneksi yang bisa membantu mengembangkan bisnis dan karir Anda.

Anda bisa mulai bersikap baik dengan saling mention  di Twitter atau melempar komentar di status Facebook. Selain itu, saling berbagi artikel atau tulisan di blog yang bisa mengundang minat orang lain. Tak hanya itu, Anda juga bisa membantu teman yang tengah berada dalam kesulitan.

Tak ada yang tahu kemana arah hubungan baik yang Anda jalin bersama sejumlah koneksi. Namun membangun reputasi dengan bersikap baik, pasti membantu Anda menjadi sukses dalam berkarir. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.