Sukses

Punya Banyak Gunung Api, RI Simpan 40% Panas Bumi Dunia

Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki cadangan panas bumi terbesar di dunia.

Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki cadangan panas bumi terbesar di dunia yaitu sebesar 29 ribu megawatt, atau sekitar 40% cadangan panas bumi dunia berada di Indonesia.

Menurut Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, besarnya cadangan panas bumi tersebut disebabkan Indonesia memiliki banyak gunung berapi.

"Geotermal (panas bumi) itu 40% di dunia ada di Indonesia, ini yang harus kita manfaatkan," ungkap Jero usai menghadiri acara Talk Show Indonesia Menuju Energi Hijau di Gedung Balai Penelitian Pengkajian Teknologi (BPPT), Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Saat ini, lanjut dia, Kementerian ESDM tengah berjuang untuk maksimalkan pemanfaatan energi panas bumi di Tanah Air. Dia berpendapat, salah satu kendala pengembangan panas bumi yaitu masalah regulasi yang melarang adanya kegiatan pertambangan di kawasan hutan lindung. Sementara panas bumi dimasukkan dalam kategori kegiatan pertambangan.

"Kalau di  pertambangan Menteri Kehutanan tidak mengizinkan kita memakai hutannya. Panas bumi sebenarnya bukan pertambangan. Jadi misalnya ada 15 ribu hektare hutan, paling kita ambil 10 hektare, itupun dipakai sedikit. Kalau sudah dibor kita tanam lagi lebih banyak," jelas dia.  (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.