Sukses

12 Produk dengan Desain Terbaik Abad Ini

Jutaan produk berhasil diciptakan dari keenceran otak manusia sejak berabad-abad lalu.

Jutaan produk berhasil diciptakan dari keenceran otak manusia sejak berabad-abad lalu. Setiap tahun produk-produk tersebut melalui penyempurnaan agar bisa terus berguna bagi manusia.

Namun dari berbagai produk di seluruh dunia, ternyata ada 12 produk yang dinilai menjadi rancangan terbaik dalam 100 tahun terakhir. Seluruh produk ini merupakan hasil karya para inovator ternama di dunia.

Para inovator desain tersebut mengungkap pandangan mereka soal rancangan beberapa produk di dunia dalam ajang International Design Community untuk merayakan Hari Desain Industri Dunia (World Industrial Design Day).

CEO of Global Design and Innovation Consultancy Continuum, Gianfranco Zaccai dan timnya membagi produk-produk yang dianggap memiliki desain terbaik dalam 100 tahun terakhir.

Zaccai dan timnya sendiri bekerja untuk produk-produk ternama dalam tiga tahun terakhir termasuk Reebok Pump dan beberapa merek lain seperti American Express, PepsiCo dan Samsung.

Ingin tahu produk apa saja yang dinilai merupakan desain terbaik. Berikut 12 produk dengan desain terbaik dalam 100 tahun terakhir pilihan para inovator dunia, mengutip laman CNN.com, Selasa (2/7/2013):


1. Apple Macintosh

"Saat Apple Mac mengatakan "hello" ke dunia pada 1984 silam, hal itu mengubah industri komputasi dunia," ujar Pendiri Biro Perancangan SeymourPowell, Dick Powell.

Dia menilai, Apple Mac berhasil menggabungkan software dan hardware unggulan dalam produknya. Setelah kering inovasi selama bertahun-tahun, perusahaan masih terus berusaha mengembangkannya.

2. Vespa Piaggio

"Rancangan unisex vespa memang jenius, baik laki-laki maupun perempuan bisa mengendarainya dengan elegan," ujar perancang Italia Gianfranco Zaccai.

Selain digemari The Beatles, Vespa menjadi lambang budaya, produktivitas dan masyarakat selama bertahun-tahun.

3. Eskalator

Awalnya, elevator dikenalkan sebagai alat transportasi istimewa, di mana orang-orang harus membayar untuk naik dan turun.

"Namun saat diterapkan pada arsitektur kami, hal ini membuat dunia kami lebih berwarna dan hidup," ujar perancang Belanda Daan Roosegaarde.

4. Pesawat Ruang Angkasa Virgin Galactic

Desainer industri Welsh, Ross Lovegrove memilih pesawat ruang angkasa pertama di dunia sebagai rancangan yang terbaik.

"Ini merupakan konsep yang benar-benar konsisten, tipe rancangannya direalisasikan dengan baik.  Ini merupakan era baru dalam perjalanan udara kita dan semua bisa lebih menghargai planet yang indah ini," katanya.

5. Senapan AK-47

Rancangan senjata buatan era Soviet, AK-47 dipilih oleh Marces Fairs, editor majalah industri, Dezeen. Tak heran, senapan otomatis ini masih banyak digunakan di medan perang di berbagai belahan dunia hingga saat ini.

6. Disket

Benda ini bisa jadi dilabeli mini disk, tapi benda ini berbeda dari mini disc yang sempat digemari di awal 1990-an. Floopy disk merupakan versi penyempurnan produk yang sama pada 1976. Benda ini hanya dinominasikan penemunya, desainer Jepang Yoshiro Nakamatsu.

7. iPod

iPod dinilai menjadi ikon produk bagi generasi yang berbeda. Nick Rhodes, Kepala Industrial Design MA di University of London, memilih pemutar musik mp3 ini karena dianggap bermanfaat secara kolaboratif.

"Benda ini bukan lagi ciptaan beberapa perancang, tapi lebih merupakan hasil kerja terpadu berbagai praktisi," katanya.

8. Kursi Aeron

George McCain, pimpinan Industrial Designers Society of America (IDSA) memilih Aeron Chair sebagai benda dengan desain terbaik. Rancangan klasik hasil Herman Miller ini telah menjadi tren di sejumlah perusahaan.

"Kursi ini menjadi pilihan di berbagai kantor karena ringan, nyaman, dan ramah lingkungan," jelasnya.

9. Stereo Bang & Olufsen

Bang & Olufsen stereo (2400), produk yang diproduksi pada 1979 ini, dipilih desainer Amerika Serikat, Karim Rashid.

"Saya membeli stereo ini saat berusia 19 tahun. Saat itu harganya sangat mahal, tapi saya masih bisa menggunakannya hingga sekarang," ujarnya.

Dia juga menjelaskan benda ini sangat sukses dengan gaya minimalisnya, interaksi plug-and-play, serta keanggunan yang tak tergantikan dengan datangnya produk-produk baru.

10. Pesawat Airbus A380

Anda bisa memberikan nama produk ini sesukanya karena pesawat ini merupakan yang terbesar di dunia. Airbus A380 ini dipilih Direktur Desain Museum, Deyan Sudjic.

Diluncurkan pada 2005 untuk melawan monopoli Boeing, pesawat raksasa ini mampu menerbangkan lebih dari 850 penumpang.

11. Mobil Ford Model T

Professor Miles Pennington, Kepala Desain Inovasi the Royal College of Art mengaku saat melihat Ford Model T, dirinya melihat produk ini membawa kebebasan, fleksibilitas dan  produktivitas bagi jutaan orang.

Meski dia kemudian juga memilih  Apple Mac karena teknologinya yang kompleks namun sangat digemari.

12. Mesin Pesawat Jet

Siapa tak kenal produsen pesawat Airbus. Namun perusahaan ini takkan bisa besar jika tak ada Frank Whittle, sang penemu mesin pesawat jet.

Dipilih Trevor Baylis, yang juga penemu radio, mesin jet berhasil diubah menjadi penopang hidupnya pesawat jet perjalanan udara yang dipakai masyarakat dunia. (Sis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini