Sukses

Tunggangan Termurah Miliarder Dunia Senilai Rp 14 Juta

Banyak yang membayangkan jika isi garasi rumah para miliarder pastilah penuh dengan mobil-mobil super cepat dan mahal. Sebutlah, Ferrari, Bentley atau Rolls Roys berjejer sebagai bukti kesuksesan.

Miliarder cenderung sering dipandang sebagai sosok yang boros, dan selalu berusaha menonjolkan barang-barang mahal koleksinya seperti rumah besar, resor pribadi, pakaian bermerek, seperti baju hingga sepatu.

Dari semua barang itu, yang paling mudah terlihat adalah mobil. Banyak yang membayangkan jika isi garasi rumah para miliarder pastilah penuh dengan mobil-mobil super cepat dan mahal. Sebutlah, Ferrari, Bentley atau Rolls Roys  berjejer sebagai bukti kesuksesan.

Percaya atau tidak, masih ada miliarder yang justru memiliki kendaraan layaknya masyarakat dengan penghasilan pas-pasan. Apa sebabnya?. Bukan karena tak mampu membeli, para miliarder tersebut ingin berendah hati dan menunjukkan mobil bukanlah simbol dari sebuah kekayaan.

Siapa saja miliarder yang tak mengagungkan kekayaannya. Berikut 10 miliarder yang memiliki tunggangan mobil murah mengutip laman Osun Defender, Sabtu (4/5/2013).

1.Ingvar Kamprad

Ingvar Kamprad adalah pendiri Ikea dan memiliki nilai kekayaan minimal US$ 28 miliar. Miliader lain memang mengaku kendaraannya tak berharga mahal, namun tidak ada yang mengalahkan Kampard.

Apa mobil yang dipilih Kampard?. Ternyata sebuah Volvo 240, yang harganya hanya US$ 1500 atau Rp 14,6 juta. Tak sekedar itu, Kampard kerap lebih memilih untuk menggunakan bis apabila ingin bepergian.

2. Steve Ballmer

Pria kelahiran 1956 ini masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Siapa tak kenal karena dia adalah CEO Microsoft. Pada 2012, kekayaannya diperkirakan sekitar US$ 15,7 miliar, menjadikan Ballmer berada di urutan  ke-19 orang terkaya versi majalah Forbes.

Untuk bepergian, Ballmer lebih memilih menggunakan mobil yang cukup sederhana, yakni Ford Fusion Hybrid yang seharga US$ 19 ribu atau senilai Rp 185 juta.

3. Mark Zuckerberg

Siapa yang tidak tahu CEO dan pendiri Facebook?, Mark Zuckerberg, menjadi salah satu miliarder termuda di planet ini.

Tapi tampaknya Zuckerberg tidak ingin menunjukkan kepada dunia semua kekayaannya, seperti yang terlihat dari tunggangannya.

Bahkan, Zuckerber menjadi miliarder termuda dalam daftar yang memiliki mobil sangat murah. Dia hanya memakai sebuah TSX Acura seharga US$ 30 ribu atau sekitar Rp 292 juta.

4. Alice Walton

Alice Walton adalah pewaris satu-satunya dari keberuntungan Wal-Mart. Saat ini dia menjadi wanita terkaya nomor dua di dunia.

Walton memang memiliki kebiasaan hidup glamour saat menjadi pemilik Porsche selama beberapa tahun terakhir.
Tapi karena sebuah kecelakaan ia memutuskan untuk menjauh dari mobil-mobil mewah tersebut.

Dia sekarang hanya menggunakan mobil keluaran Ford F-150 King Ranch 2006, yang harganya hanya US$ 40 ribu atau senilai Rp 389 juta.

5. Laurene Powell Jobs

Lahir pada 1963, Laurene Powell Jobs adalah istri dari mendiang Steve Jobs. Dia adalah seorang eksekutif bisnis Amerika dan merupakan co-founder dan Presiden Dewan College Track.

Dia juga menjadi co-founder dan CEO dari Apple Inc. Tidak semua orang tahu bahwa dia mengendalikan US$ 3,9 milyar saham di Steven P. Jobs Trust di Walt Disney Company.

Tapi untuk kendaraan, pilihannya jatuh pada Audi A5 warna perak dengan harga sekitar US$ 40 ribu atau Rp 389 juta.

6. Francois-Henri Pinault

Francois-Henri Pinault lahir pada 1962 dan merupakan pengusaha Perancis terkenal. Dia mulai kesuksesan sebagai manajer perusahaan pada 1988 dan diangkat menjadi CEO sebuah perusahaan alat olahraga Pinault-Printemps-Redoute (PPR) pada 1993 setelah menjadi CFAO selama tiga tahun.

Pada tahun 1997, ia menjadi CEO Fnac. Cintanya pada komputer mendorongnya untuk mengembangkan kegiatan
perusahaan internet pada 1990-an. Di atas semua itu, ia juga kebetulan menikah dengan artis terkenal, Salma Hayek.

Meski bergelimang harta, Pinault saat ini hanya mengendarai mobil SUV Lexus senilai US$ 40 ribu atau setara Rp 389 juta.

7. Warren Buffet

Meskipun dikenal sebagai orang yang kikir, Warren Buffet masih memegang tempat ketiga dalam daftar orang
terkaya dunia.

Dia adalah CEO, ketua dan pemegang saham utama Berkshire Hathaway. Mobil yang menjadi kendaraan sehari-hari Buffet adalah Cadillac DTS seharga US$ 45 ribu atau senilai Rp 438 juta.

8. Michael Dell

Michael Dell adalah seorang penulis, filantropis, dan tokoh bisnis. Ia dikenal sebagai CEO dan pendiri
Dell Inc, yang merupakan merek komputer terkemuka di dunia.

Dell memiliki 243 juta saham bernilai $ 3,5 miliar. Dia memiliki aset lain senilai sekitar US$ 10 miliar dan telah menginvestasikan uangnya juga di perusahaan lain.

Dia kemudian mengajukan tawaran untuk membuat perusahaan swasta senilai US$ 24,4 miliar. Tak sebanding dengan asetnya, Dell hanya memilih untuk mengendarai sebuah Porsche Boxter keluaran 2004 dengan harga US$ 80 ribu atau sekitar Rp 778 juta.

9. Michael Rubens Bloomberg

Michael Rubens Bloomberg adalah maestro data keuangan dan walikota ke-108 New York. Ia lahir pada 1942, memulai karirnya dan membangun sebuah perusahaan pialang sekuritas pada 1981.

Ia juga menjabat sebagai salah satu ketua dewan di Johns Hopkins University 1996-2002. Nilai kekayaan bersihnya, mencapai US $ 27 miliar dan telah dikenal sebagai orang ke-7 terkaya
di Amerika Serikat. 

Walikota ini memiliki mobil Audi R8 senilai US$ 120 ribu atau setara Rp  1,1 miliar yang dapat menyentuh kecepatan 0 hingga 60 mph dalam waktu sekitar 3,2 detik.

10. Phil Knight

Philip Hanson Knight atau lebih dikenal sebagai Phil Knight lahir pada 24 Februari 1938. Dikenal sebagai seorang
yang dermawan dan tokoh bisnis.

Dia adalah ketua dan pendiri Nike, Inc dan telah menjabat sebagai CEO perusahaan. Pada 2011, Knight memiliki kekayaan bersih diperkirakan sebesar US$ 14,4 miliar dan mengklaim posisi ke-47 dalam daftar orang terkaya dunia.

Knight dikenal miliarder yang rendah hati dan telah menyumbangkan ratusan juta dolar untuk sekolah yang berbeda.

Meskipun kekayaan bersihnya mencapai miliar dolar, ia hanya memiliki sebuah Audi R8 seharga US$ 120 ribu atau senilai Rp 1,1 miliar. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini