Sukses

Melaju ke Final Euro 2024, Timnas Inggris Jadi Skuad Termahal di Piala Eropa

Timnas Inggris berhasil mengalahkan Belanda di babak semifinal Euro 2024 atau Piala Eropa. Inggeis menang 2-1 dari Belanda.

Liputan6.com, Jakarta Inggris menjejakkan kaki di final Euro 2024 setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-1 di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024). Ini menjadi salah satu pencapaian Inggris di Piala Eropa atau Euro 2024.

Harry Kane dan Ollie Watkins menjadi pahlawan The Three Lions dengan gol-gol mereka, membalikkan keadaan dari ketertinggalan.

Kemenangan ini mengantarkan Inggris ke final Euro 2024, di mana mereka akan bertemu dengan Spanyol. Pertandingan diprediksi akan sengit, mengingat kedua tim sama-sama kuat dan ingin meraih gelar juara.

Jadi Timnas Termahal 

Lolosnya Timnas Inggris ke final ini tentunya sudah diprediksi beberapa pihak. Inggris menjadi salah satu jagoan untuk bisa meraih title jawara Eropa 2024. 

Di sisi lain, Ingris ternyata menjadi salah satu Timnas dengan nilai pasar termahal dalam semifinal Euro 2024 ini. 

Dicatat dari data Transfermarkt, Kamis (11/7/2024), timnas Inggris memiliki total nilai pasar Rp 26,3 triliun. The Three Lions tercatat memiliki 26 pemain dengan rata-rata usia 26 tahun.

Nilai pasar ini berhasil mengungguli timnas Prancis yang saat ini memiliki nilai pasar Rp 21,4 triliun.

Di timnas Inggris, Jude Bellingham menjadi pemain temahal. Pemain Real Madrid ini memiliki harga Rp 3,1 triliun. Sementara pemain paling murah yaitu Kieran Trippier dengan nilai pasar Rp 173 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalannya Pertandingan

Inggris menjejakkan kaki di final Euro 2024 setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-1 di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024). Harry Kane dan Ollie Watkins menjadi pahlawan The Three Lions dengan gol-gol mereka, membalikkan keadaan dari ketertinggalan.

Belanda sempat memimpin melalui gol Xavi Simons di awal babak pertama. Namun, Inggris bangkit dan menyamakan kedudukan lewat penalti Kane. Ollie Watkins kemudian mencetak gol penentu kemenangan di babak kedua.

Kemenangan ini mengantarkan Inggris ke final Euro 2024, di mana mereka akan bertemu dengan Spanyol. Pertandingan diprediksi akan sengit, mengingat kedua tim sama-sama kuat dan ingin meraih gelar juara.

Jalannya Pertandingan yang Penuh Drama

Pertandingan berlangsung ketat sejak menit pertama. Belanda mencoba bermain menyerang dengan cepat, sedangkan Inggris lebih memilih untuk bermain sabar dan mencari celah.

Belanda berhasil unggul lebih dahulu di menit ke-7 melalui gol Xavi Simons. Pemain muda berbakat itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dihalau oleh Jordan Pickford.

Inggris baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-18 melalui penalti Harry Kane. Wasit menunjuk titik putih setelah Denzel Dumfries melanggar Kane di kotak penalti. Kane sendiri yang maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugasnya.

Babak kedua semakin seru. Kedua tim saling menyerang dengan gencar. Inggris akhirnya berhasil mencetak gol penentu kemenangan di menit ke-73. Ollie Watkins memanfaatkan umpan silang Bukayo Saka dan melesakkan tendangan voli yang tak mampu dihalau Jasper Verbruggen.

Inggris terus mencoba menambah gol di sisa pertandingan, namun Belanda mampu bertahan dengan baik. Skor 2-1 pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Inggris patut bersyukur atas kemenangan ini. Mereka menunjukkan mental juara yang pantang menyerah dan berhasil membalikkan keadaan. Harry Kane dan Ollie Watkins menjadi bintang di pertandingan ini dengan gol-gol mereka.

Spanyol menanti di final. Pertandingan Inggris vs Spanyol diprediksi akan menjadi duel sengit dan menarik. Siapakah yang akan keluar sebagai juara? Kita tunggu saja nanti.

3 dari 3 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Inggris dan Belanda sama-sama turunkan pemain baru. Inggris menurunkan Luke Shaw gantikan Kieran Trippier, sedangkan Belanda mainkan Wout Weghorst untuk gantikan Donyell Malen.

Kedua tim sama-sama sulit untuk menemukan celah di pertahanan lawan. Inggris dan Belanda masih buntu sampai menit ke-52, baik untuk membuka peluang atau lepas tembakan.

Belanda mendapatkan peluang emas lewat Xavi Simons di menit ke-65. Manfaatkan tendangan bebas dari Joey Veerman, Simons berhasil melepas tembakan yang masih bisa ditepis Jordan Pickford.

 Pertandingan cenderung berjalan keras. Belanda membuka peluang lewat Cody Gakpo yang mencoba manfaatkan umpan terobosan, tapi Kyle Walker berhasil mencetat bola di menit ke-74. Skor 1-1 antara kedua tim masih bertahan.

Xavi Simons membuka peluang Belanda di menit ke-78. Tembakannya yang sempat memantul ke lapangan terlalu mudah diamankan Jordan Pickford.

Fans Inggris sempat bersorak saat Bukayo Saka cetak gol di menit ke-80. Namun Kyle Walker yang memberi umpan sudah berdiri offside.

Cole Palmer mendapatkan peluang emas di menit ke-88. Namun tembakan kaki kirinya masih melambung sehingga skor 1-1 masih bertahan. Apakah duel bakal berlanjut di perpanjangan waktu?

Inggrs akhirnya mencetak gol kemenangan lewat Ollie Watkins di menit ke-90. Sambil membalikkan badan, dia membuat skor jadi 2-1 untuk Inggris lewat golnya.

Hingga pertandingan berakhir, Inggris berhasil jaga keunggulan 2-1. Ini kali kedua secara beruntun Inggris lolos ke final Euro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.