Sukses

Istana Versailles Prancis Kebakaran, Biaya Pembangunan Istana Bersejarah Ini Tak Main-Main

Dengan desain dan arsitekturnya yang megah, kira-kira seberapa besar biaya yang dibutuhkan untuk membangun Istana Versailles?

Liputan6.com, Jakarta Publik dikejutkan dengan terjadinya kebakaran di area bangunan bersejarah di Perancis, Istana Versailles pada hari Selasa waktu setempat.

Dilaporkan, kebakaran terjadi di area atap di mana pekerjaan renovasi sedang dilakukan. Evakuasi pengunjung pun segera dilakukan saat insiden itu terjadi, sebelum akhirnya berhasil dikendalikan.

"Petugas pemadam kebakaran datang. Tidak ada lagi asap, tidak ada lagi api dan tidak ada kerusakan pada koleksi,” tambah juru bicara tersebut, dikutip dari Alarabiya.net, Rabu (12/6/2024).

Istana Prancis yang dibangun pada abad ke-17 untuk Raja Louis XIV ini merupakan kediaman utama kerajaan hingga Revolusi Perancis dan penggulingan monarki pada 1789.

Sebagai informasi, Istana Versailles dibangun pada abad ke-17 untuk Raja Louis XIV, dan dikenal sebagai kediaman utama kerajaan hingga Revolusi Perancis dan penggulingan monarki pada 1789.

Dengan desain dan arsitekturnya yang megah, kira-kira seberapa besar biaya yang dibutuhkan untuk membangun Istana Versailles?

Melansir laman historyextra.com, laporan pada tahun 1994 dari sebuah perusahaan televisi asal Amerika Serikat, PBS mengungkap perkiraan biaya untuk membangun Istana Versailles. 

PBS menyebut, bahwa pembangunan istana di Prancis itu bisa menelan biaya antara USD 200-300 miliar atau sekitar Rp 4,8 kuadriliun saat ini.

Saat ini, Istana Versailles juga menelan biaya yang besar untuk perawatannya. Menurut laman resminya chateauversailles, Istana Versailles menanggung biaya pemeliharaan rutin sekitar 15 juta euro atau setara Rp. 262,5 per tahun.

Biaya tersebut pun tidak termasuk semua area istana dan hanya mencakup perawatan kebun, atap, dan pemanas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istana Versailles Milik Siapa?

Bangunan yang menjadi lokasi favorit kedua raja ini pada tahun 1682 menjadi ibu kota secara de facto dari Prancis setelah pemindahan pusat pemerintahan dan kerajaan di Versailles.

Kondisi tetap berlangsung di bawah kekuasaan Louis XV dan Louis XVI yang hanya melakukan perubahan terhadap interior istana.

Akan tetapi, pada tahun 1789, keluarga kerjaan dan Ibukota Prancis pindah ke Paris. Selama periode Revolusi Prancis, istana ini ditinggalkan dan dikosongkan yang berakibat kepada penduduk sekitar istana yang terus berkurang.

Saat ini, istana ini dimiliki oleh Prancis di bawah manajemen Kementerian Budaya oleh Établissement public du château, du musée et du domaine national de Versailles of Versailles.

3 dari 3 halaman

Istana Versailles Tempat Apa?

Istana Palace of Versailles adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi yang terletak di Palace of Versailles, Prancis. Istana ini terkenal dengan arsitektur yang menakjubkan, interior yang mewah, dan taman yang luas.

Istana ini pernah menjadi simbol kekuatan dan keelokan monarki Prancis karena merupakan pencapaian luar biasa dalam hal arsitektur, desain, teknik, dan kemewahan.

Menurut pbs.org, istana ini berisi 700 kamar, 2.000 jendela, 1.250 cerobong asap, dan 67 tangga. Istana bisa menampung sebanyak 20.000 orang di halamannya saja.Tidak heran jika istana ini dikunjungi lebih dari sepuluh juta orang setiap tahunnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini