Sukses

3 Nasihat Keuangan dari Penulis Buku Rich Dad Poor Dad Robert Kiyosaki

Melalui buku terlaris, pidato motivasi, dan program pendidikannya, Robert Kiyosaki telah memberdayakan jutaan orang di seluruh dunia untuk mengendalikan masa depan finansial mereka dan mencapai kebebasan finansial.

Liputan6.com, Jakarta - Robert Kiyosaki, nama yang identik dengan literasi finansial dan kesuksesan, telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam dunia keuangan pribadi dan kewirausahaan. Melalui buku terlaris, pidato motivasi, dan program pendidikannya, Kiyosaki telah memberdayakan jutaan orang di seluruh dunia untuk mengendalikan masa depan finansial mereka dan mencapai kebebasan finansial.

Robert Kiyosaki adalah penulis populer dari seri buku "Rich Dad, Poor Dad". Dia juga memiliki saluran YouTube bernama Rich Dad Channel, yang memiliki lebih dari 3,3 juta pelanggan. Meskipun Kiyosaki telah menyebabkan beberapa kontroversi di komunitas investasi, ide-ide keuangannya yang paling mendasar adalah nasihat yang baik, terutama bagi investor baru.

Berikut ini adalah beberapa nasihat terbaik Kiyosaki, serta cara menerapkannya dalam kehidupan finansial Anda, dikutip dari Yahoo Finance, Minggu (7/4/2024):

1. Pendidikan Finansial

Salah satu nasihat Kiyosaki yang paling penting adalah mendidik diri Anda sendiri kemampuan finansial, terutama sebagai investor baru.

Kiyosaki mengklaim bahwa sekolah tidak menawarkan pendidikan keuangan, oleh karena itu Anda harus mempelajarinya sendiri. Hal ini terutama berlaku jika Anda berniat menggunakan utang untuk membangun kekayaan, seperti yang dilakukan Kiyosaki dan investor kaya lainnya.

Jika Anda tidak tahu bagaimana menangani hutang, hutang akan menghabiskan Anda dan membuat Anda tetap miskin.

Pendidikan juga memungkinkan Anda untuk sepenuhnya memahami apa yang Anda investasikan. Jika tidak, Kiyosaki mengklaim bahwa investasi apa pun yang Anda lakukan akan menjadi spekulasi murni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berinvestasi di Arus Kas

Kiyosaki menyukai investasi arus kas. Ada banyak cara untuk mencapai hal ini. Salah satu pilihan yang paling jelas adalah berinvestasi di real estat sewa. Jika Anda mendapatkan properti yang sesuai dengan harga yang tepat, Anda bisa mendapatkan pendapatan sewa yang cukup untuk menutupi tagihan Anda sekaligus menghasilkan arus kas yang positif.

Seiring waktu, Anda dapat menggunakan kelebihan arus kas untuk membeli aset baru, sehingga dapat meningkatkan pendapatan Anda lebih jauh lagi.Pendekatan lain untuk berinvestasi untuk arus kas adalah memulai bisnis Anda sendiri.

Salah satu filosofi Kiyosaki adalah jangan pernah bekerja untuk membuat orang lain kaya, tetapi berusahalah untuk membuat diri Anda sendiri kaya.

Jadi, menurut Kiyosaki, jika Anda bekerja dengan upah per jam, Anda tidak mungkin menjadi kaya. Namun, jika Anda menjalankan bisnis Anda sendiri, orang lain akan bekerja untuk menghasilkan keuntungan bagi Anda.

Dividen saham adalah pilihan terakhir untuk investasi arus kas. Meskipun berinvestasi dalam saham mungkin memiliki beberapa risiko dalam hal keuntungan modal, Kiyosaki mengklaim bahwa dividen memasukkan uang ke dalam saku Anda setiap kuartal.

Jika Anda memilih perusahaan yang berkualitas, dividen Anda kemungkinan besar akan meningkat dari waktu ke waktu. Seiring dengan bertambahnya pengetahuan finansial Anda, Kiyosaki merekomendasikan untuk mempertimbangkan strategi opsi panggilan tertutup.

Ini adalah teknik untuk mendapatkan penghasilan yang konsisten dengan menggunakan portofolio saham Anda sebagai jaminan. Jika harga saham tetap sama atau turun, Anda tetap memiliki ekuitas dan uang yang dihasilkan oleh call option.

Jika nilai saham naik, Anda masih akan menerima harga opsi, yang seharusnya lebih tinggi dari harga yang Anda bayarkan. Meskipun metode ini lebih rumit dengan banyak bagian yang bergerak, metode ini memungkinkan Anda menghasilkan lebih banyak uang dari portofolio saham Anda.

 

3 dari 4 halaman

3. Mulailah dari Sekarang!

Mungkin nasihat terbaik dari Kiyosaki adalah mulai merencanakan masa depan keuangan Anda hari ini.

Sudut pandang Kiyosaki mirip dengan banyak komentator dan penasihat keuangan lainnya, namun sedikit berbeda. Kiyosaki percaya bahwa Anda harus terlebih dahulu mendidik diri Anda sendiri tentang keuangan, mendapatkan pengalaman tentang bagaimana bisnis bekerja dan gagal, dan kemudian menginvestasikan semua kelebihan uang tunai dan usaha Anda dalam bisnis atau aset lain yang dapat tumbuh hingga menghasilkan arus kas yang cukup untuk mendukung seluruh hidup Anda, termasuk pensiun.

Meskipun beberapa penasihat mungkin menyarankan Anda untuk mulai berinvestasi di pasar saham sesegera mungkin, prinsip umumnya tetap sama: Semakin dini Anda mulai belajar dan terjun ke dunia investasi, semakin besar kemungkinan Anda mencapai kesuksesan jangka panjang.

 

4 dari 4 halaman

Peringatan untuk Nasihat Kiyosaki

Beberapa penentang Kiyosaki berpendapat bahwa, dalam beberapa dekade setelah penerbitan buku "Rich Dad, Poor Dad" yang pertama, profesinya telah bergeser dari memberikan nasihat keuangan yang masuk akal menjadi menjual buku dan mempromosikan perusahaannya.

Perlu juga dicatat bahwa Kiyosaki sekarang mengaku memiliki utang sebesar USD 1,2 miliar dan mengajukan kebangkrutan pada 2012. Meskipun tidak semua nasihat dan teknik Kiyosaki sesuai untuk semua investor, gagasan fundamental yang dia bahas di atas adalah baik dan telah didukung oleh sejumlah investor yang sukses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini