Sukses

Asik, Diskon Tarif LRT Jabodebek Lanjut hingga Mei 2024

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan pengenaan promo tarif atau diskon tarif LRT Jabodebek akan berlanjut hingga Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan pengenaan promo tarif atau diskon tarif LRT Jabodebek akan berlanjut hingga Mei 2024.

"Sampai Mei tetap berlaku tarif dinamis. Sampai bulan Mei kita masih akan gunakan tarif saat ini, belum ada perubahan. Jadi tidak akan mengagetkan masyakarat yang berlibur di Jakarta, harganya tetap sama," ujar Dirjen Perkeretaapian Mohamad Risal Wasal di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Adapun pemberlakuan promo tarif LRT Jabodebek akan berakhir di akhir Maret 2024. Namun, Risal mengatakan hingga saat ini target okupansi penumpangnya masih belum terpenuhi.

"Kedua, belum semua kereta kita bergerak. Masih 16 dari rencana 30. Kalau kita keluarkan takutnya biaya operasional tinggi, pemasukan kosong. Kita masih memastikan demand, begitu sudah pasti kita akan tambah kereta, akan jalan terus," terangnya.

"Semoga di bulan Mei kita sudah dapat jawaban yang pasti berapa demand terhadap LRT Jabodebek. Jadi ada waktu beberapa bulan untuk memastikan itu," kata Risal.

Sebelumnya

Sebelumnya, Manager Public Relation LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, pihaknya saat ini tengah menjalin komunikasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), agar diskon tarif tersebut bisa dilanjutkan pada April 2024.

"Ada potensi, kami mau lakukan komunikasi dengan Kementerian (Perhubungan), mereka kan regulator ya. Penentuan tarif berapa ya mereka, kami lakukan komunikasi," ujarnya di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Menurut dia, perpanjangan potongan harga tersebut diperlukan untuk lebih menarik minat masyarakat menggunakan moda transportasi massal baru itu.

"Kami harap sih (diperpanjang) karena belum capai target, kami harap masih diperpanjang," ungkap dia seraya mengulang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usul Tarif Dinaikkan Jadi Rp 5.000

Kendati begitu, LRT Jabodebek ke depannya usul agar skema tarif bisa dinaikan, dari Rp 3.000 per 1 km menjadi Rp 5.000. Namun kembali, putusan tersebut berada di bawah Kementerian Perhubungan selaku regulator.

"Kalau kami malah mengusulkan untuk di depannya yang dinaikkan, jadi dari Rp 3 ribu menjadi Rp 5 ribu. Terakhir kementerian memutuskan begitu, ya kembali lagi ke kementerian yang memutuskan itu," tuturnya.

Untuk diketahui, skema tarif LRT Jabodebek saat ini dibagi dua. Pada saat peak hour pukul 06.00-08.59 WIB dan 16.00-19.59 WIB), serta off peak hour dari awal jam operasi 05.59-09.00 WIB dan (15.59 WIB-20.00 WIB).

Berikut perhitungan tarifnya:

Hari kerja (Senin-Jumat)

  • Tarif Terdekat: Rp 3.000
  • Tarif Terjauh (Peak Hour): Rp 20.000
  • Tarif Terjauh (Off Peak Hour): Rp 10.000

Weekend (Sabtu-Minggu) dan Hari Libur Nasional

  • Tarif Terdekat: Rp 3.000
  • Tarif Terjauh: Rp 10.000

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini