Sukses

Daftar 10 Negara Paling Bahagia di Dunia bagi Gen Z dan Milenial, Israel Peringkat ke-2

Lituania menempati posisi teratas dalam peringkat negara paling bahagia bagi generasi Gen Z dan generasi milenial.

Liputan6.com, Jakarta Lituania dinobatkan sebagai negara paling bahagia bagi generasi Gen Z dan generasi milenial. Hal itu diungkapkan dalam World Happiness Report 2024.

Mengutip CNBC International, Senin (25/3/2024) Lituania menempati posisi teratas dalam peringkat ini tetapi negara tersebut berada di peringkat ke-44 bagi mereka yang berusia di atas 60 tahun dan merupakan negara paling bahagia di dunia pada peringkat 19, secara keseluruhan.

"Konvergensi antara kedua belahan Eropa terutama didorong oleh meningkatnya kebahagiaan generasi muda," kata laporan tersebut.

Laporan World Happiness Report memberi peringkat negara-negara paling bahagia bagi mereka yang berusia 30 tahun ke bawah, yang semuanya dianggap Gen Z, lahir tahun 1981-1996, atau generasi milenial, lahir tahun 1997-2012, menurut Pew Research Center.

Peringkat akhir negara-negara paling bahagia bagi mereka yang berusia di bawah 30 tahun dan mereka yang berusia 60 tahun ke atas sangatlah berbeda.

Lituania mendapat skor keseluruhan 7.759 dalam World Happiness Report 2024.

Peringkat kebahagiaan negara ini terus meningkat sejak tahun 2017, ketika Lithuania menempati peringkat ke-52 dalam laporan keseluruhan, menurut Radio dan Televisi Nasional Lituania (LRT).

Menurut CIA World Factbook, 63,11% penduduk negara tersebut berusia antara 15 dan 64 tahun, sementara hanya 21,59% yang berusia 65 tahun ke atas.

Biaya hidup di Lituania, rata-rata, 32,2% lebih rendah dibandingkan di Amerika Serikat, menurut Numbeo, dan perkiraan biaya bulanan satu orang di bawah USD 800, belum termasuk sewa.

Ibu kota negara tersebut, Vilnius, mendapat peringkat tinggi dalam daftar Kota dan Kawasan Masa Depan Eropa 2023 versi Financial Times. Kota ini juga muncul sebagai pusat bagi pengembang dan penerbit industri game. Vilnius adalah rumah bagi 90 persen perusahaan di industri game di negaranya, menurut LRT.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar 10 Negara Paling Bahagia bagi Gen Z dan Generasi Milenial

Berikut adalah 10 negara paling bahagia di dunia bagi Gen Z dan generasi Milenial, menurut World Happiness Report:

  1. Lithuania
  2. Israel
  3. Serbia
  4. Islandia
  5. Denmark
  6. Luksemburg
  7. Finlandia
  8. Rumania
  9. Belanda
  10. Ceko

Israel menduduki peringkat kedua negara paling bahagia bagi mereka yang berusia di bawah 30 tahun, dengan skor 7.667, menurut World Happiness Report.

Negara ini mengungguli rata-rata dalam hal kepuasan hidup, hubungan sosial, dan kesehatan, menurut Better Life Index dari Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD). Angka harapan hidup saat lahir adalah 83 tahun, dua tahun lebih tinggi dari rata-rata OECD yaitu 81 tahun.

3 dari 3 halaman

Metode Pemeringkatan

World Happiness Report memeringkat negara-negara di dunia berdasarkan evaluasi kehidupan yang dinilai sendiri, dan jawaban atas pertanyaan yang meminta responden untuk memikirkan kehidupan terbaik bagi mereka, juga yang terburuk adalah nol dan kemudian menilai kehidupan mereka saat ini pada skala tersebut.

Pusat Penelitian Kesejahteraan di Universitas Oxford, yang menerbitkan laporan tersebut, menyatakan bahwa pihaknya juga mempertimbangkan enam variabel berikut di lebih dari 130 negara yang diberi peringkat dalam laporan tersebut:

  • PDB per kapita
  • Dukungan sosial
  • Harapan hidup sehat
  • Kebebasan
  • Kemurahan hati
  • Kebebasan korupsi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.