Sukses

Bandara VVIP IKN Mulai Uji Coba Juli 2024

Menhub Budi Karya Sumadi menyebut proyek pembangunan Bandara VVIP IKN telah sesuai dengan rencana, dan diharapkan sudah bisa uji coba pada Juli 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali mengecek perkembangan pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024).

Menhub menyebut proyek pembangunan Bandara VVIP IKN telah sesuai dengan rencana, dan diharapkan sudah bisa uji coba pada Juli 2024.

"Saya lihat pembangunan Bandara IKN progresnya bagus. Pengerjaannya juga sesuai arahan Presiden, yakni tetap mempertahankan kehijauan alam sekitar. Saya harap pembangunan Bandara IKN dapat sesuai rencana, sehingga bisa diujicobakan pada bulan Juli nanti," ujar Menhub.

Menurut dia, saat ini di lokasi pembangunan bandara tengah dilakukan pekerjaan lanjutan cut and fill area peribadatan, rumah dinas, perkantoran, gedung laboratorium, kantin, akses jalan perimeter barat, dan parkiran untuk VIP. 

Selain itu, sedang dilakukan pula penyelesaian bored pile Terminal VIP dan VVIP, pembukaan jalan akses utama, serta pekerjaan land clearing di area embung.

Bandara IKN punya luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 ha. Dengan runway sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, bandara ini dapat didarati oleh pesawat berbadan besar, seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380. 

"Adapun konsep desain Terminal Bandara IKN akan memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan namun tetap modern, serta berorientasi alam dan ramah lingkungan," kata Menhub Budi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembangunan Bandara IKN Ditargetkan Rampung Juli 2024, Bisa Didarati Boeing 777-3000ER dan Airbus A380

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan Bandara Nusantara dan bakal lokasi pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu kemarin. Dalam tinjauan ini, Menhub Budi Karya minta pembangunan  bandara dipercepat.

"Kita melihat pembangunan bandara IKN berjalan dengan baik. Bulan Juli diperkirakan sudah selesai untuk kita uji cobakan," ujar Budi Karya, di Ibu Kota Nusantara (IKN), dikutip pada Kamis (25/1/2024).

Menhub mengungkapkan, mulai Januari hingga Juli mendatang akan dilakukan pekerjaan konstruksi dan persiapan operasi. Proses pembangunan bandara juga akan dipercepat dengan penambahan alat, waktu kerja, serta penyelesaian terkait lahan.

Bandara IKN merupakan bandara yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di IKN. Bandara yang berjarak 23 KM dari titik 0 IKN dan 120 km dari Balikpapan ini, mempunyai luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 ha.

Runway bandara ini sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter yang dapat didarati pesawat berbadan besar seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

 

3 dari 3 halaman

Kereta Otonom

Selepas mengecek bandara, Menhub juga meninjau bakal lokasi pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di IKN.

"Kereta otonom atau ART nanti akan berada di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Ditargetkan pada bulan Agustus sudah bisa kita gunakan sebagian rutenya," ujar Menhub.

Pembangunan rute ART akan dilakukan dalam 2 fase. Untuk satu set kereta terdiri dari dua gerbong, berkapasitas total 324 penumpang. ART berkecepatan operasional 40 km per jam dan berkecepatan maksimal 70 km per jam.

Kereta ini menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.