Sukses

AUM Reksa Dana Rp30,56 Triliun, BRI-MI Masuk Top 5 Manajer Investasi di Tahun Pertama Gabung BRI Group

BRI Manajemen Investasi (BRI-MI) berhasil mencatatkan pencapaian dan pertumbuhan impresif di sepanjang tahun 2023.

Liputan6.com, Jakarta PT BRI Manajemen Investasi (BRI-MI) sebagai pelopor industri reksa dana pertama di Indonesia dan juga merupakan perusahaan anak PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, berhasil mencatatkan pencapaian dan pertumbuhan impresif di sepanjang tahun 2023.

Seiring semakin beragamnya produk investasi yang menawarkan berbagai return menarik dan atraktif, BRI-MI terus berupaya mengoptimalkan kinerjanya dan menjaga kepercayaan investor.

Di tahun pertama perusahaan bergabung dengan BRI Group dan berganti nama dari PT Danareksa Investment Management menjadi PT BRI Manajemen Investasi, mampu mencatatkan dana kelola (Asset Under Management/AUM) reksa dana tumbuh hingga 13%. Dengan demikian, AUM reksa dana BRI-MI di penghujung tahun 2023 adalah sebesar Rp30,56 triliun.

Wakil Direktur BRI Catur Budi Harto mengatakan bahwa prestasi tersebut merupakan buah dari konsistensi BRI Group dalam melayani nasabahnya tak terkecuali pemegang saham di segmen ritel. Dia berharap, capaian BRI-MI menjadi motivasi untuk lebih dapat dipercaya dalam memenuhi kebutuhan investasi masyarakat Indonesia.

Prestasi ini membuktikan bahwa BRI Manajemen Investasi tetap menjadi manajer investasi bertaraf global meski telah berganti nama. BRI Group terus berkomitmen melayani nasabah tak terkecuali segmen ritel baik internal maupun eksternal BRI dengan mengedepankan pelayanan secara digital,” ucap Catur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Reksa Dana Balanced Regular Income Fund

PLT Direktur Utama BRI-MI, Ira Irmalia Sjam mengatakan catatan positif tersebut tak lepas dari kepercayaan stakeholders kepada BRI-MI dan inovasi produk BRI-MI yang disesuaikan dengan kebutuhan dan profil risiko nasabah.

“BRI-MI secara konsisten terus bertumbuh di tahun 2023. Hal ini tercermin dari pertumbuhan AUM reksa dana sebesar 13% dan menjadikan BRI-MI sebagai Top 5 Manajer Investasi di akhir tahun 2023 dengan pangsa pasar sebesar 6%," ujar Ira.

Ira pun menyoroti produk reksa dana Balanced Regular Income Fund (BRIF) sebagai produk unggulan BRI-MI yang berkontribusi besar pada pertumbuhan AUM di 2023. Hal ini juga ditopang melalui sinergi dengan induk perusahaan yaitu Bank BRI.

"Sinergi dengan BRI menjadi kunci penting dalam meningkatkan AUM reksa dana kami, terutama melalui produk BRIF. Hal ini terlihat dari pencapaian AUM di akhir Desember 2023 sebesar Rp2,3 Triliun, atau tumbuh signifikan sebesar 2.124% dibandingkan dengan AUM Desember 2022 yaitu Rp106,2 miliar," ujar Ira.

3 dari 3 halaman

Reksa Dana Campuran BRIF, Produk Unggulan BRI-MI

Pertama kali diluncurkan pada 1 Juli 2019, produk reksa dana campuran Balanced Regular Income Fund (BRIF) memiliki daya tarik tersendiri yaitu melalui strategi memaksimalkan komposisi investasi pada instrumen obligasi. Karakteristik yang berbeda dengan reksa dana campuran pada umumnya yang mengalokasikan dana ke berbagai jenis instrumen investasi, seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.

Ira menjelaskan BRIF sangat cocok sebagai instrumen diversifikasi investasi, karena memiliki fitur yang unik yaitu memberikan dividen setiap bulannya.

"Dengan adanya potensi penurunan suku bunga di tahun 2024, maka investasi pada reksa dana BRIF, yang underlying asset-nya termasuk instrumen surat utang, berpotensi memberikan imbal hasil investasi yang optimal ke depan," jelas Ira.

Sebagai catatan tambahan, disepanjang tahun 2023 BRI-MI telah berhasil meraih berbagai penghargaan atas kinerja produk unggulan, salah satunya yaitu penghargaan produk reksa dana BRI MSCI Indonesia ESG Screened Kelas A sebagai The Most Expansive Growth Mutual Funds periode 1 tahun di acara Business Indonesia Financial Award (BIFA) 2023.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini