Sukses

Agenda Keberlanjutan, Lippo Adopsi Rekomendasi Task Force on Climate-Financial Disclosures

Dalam manajemen air, Lippo Karawaci merealisasikan 15% konsumsi air dari sumber air berkelanjutan pada tahun 2022. Diharapkan pada tahun 2030, konsumsi dari sumber air berkelanjutan mencapai 20%.

Liputan6.com, Jakarta - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) telah menyiapkan rencana jangka panjang dalam agenda berkelanjutan hingga tahun 2030 untuk mengatasi permasalahan krisis iklim. Lippo Karawaci menyadari bahwa krisis iklim merupakan salah satu risiko paling signifikan terhadap kelangsungan bisnis.

Saat ini, bisnis di seluruh dunia telah merasakan dampak perubahan iklim, termasuk Lippo Karawaci. Oleh sebab itu, terdapat urgensi bagi Lippo Karawaci untuk mempercepat upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim selagi ikut bertransisi menuju ekonomi yang lebih rendah karbon dan berkelanjutan.

Dalam merumuskan pendekatan terhadap ketahanan iklim, Lippo Karawaci mengadopsi rekomendasi dari Task Force on Climate-Financial Disclosures (TCFD) yang memberikan panduan bagi perusahaan tentang cara mengelola risiko dan peluang terkait iklim yang berhubungan dengan kinerja keuangan.

Group CEO Lippo Karawaci John Riady menjelaskan, Lippo Karawaci telah menetapkan target lingkungan di bawah Agenda Keberlanjutan 2030 tentang pengurangan emisi GRK, konsumsi dan pengolahan air berkelanjutan, serta pengelolaan limbah.

"Lippo Karawaci juga memantau metrik terkait iklim tertentu untuk melacak kemajuan terhadap target yang ditentukan." jelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu (21/2/2024).

Dari sisi emisi operasional, Lippo Karawaci telah mengurangi 30% intensitas emisi bangunan pada tahun 2022 dengan baseline sebesar 0,164 ktCO2e/m2 pada tahun 2019. Pada tahun 2030, Lippo Karawaci menargetkan pengurangan intensitas emisi bangunan hingga 35%.

Dalam manajemen air, Lippo Karawaci merealisasikan 15% konsumsi air dari sumber air berkelanjutan pada tahun 2022. Diharapkan pada tahun 2030, konsumsi dari sumber air berkelanjutan mencapai 20%.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengolahan Air dan Limbah

Untuk pengolahan air, Lippo Karawaci mencapai 19% peningkatan volume air yang diolah dari sumber air berkelanjutan pada tahun 2022, dari baseline 520.000 m3 pada tahun 2019. Pada tahun 2030, perusahaan menargetkan peningkatan volume air yang diolah dari sumber air berkelanjutan mencapai 30%.

Terkait pengalihan limbah, Lippo Karawaci mengalihkan 1.400 ton limbah ke tempat pembuangan akhir (TPA) pada tahun 2022. Pada tahun 2030, Lippo Karawaci menargetkan untuk menggandakan realisasi pada tahun 2022.

John menambahkan Lippo Karawaci ke depan akan terus berupaya untuk meningkatkan pengungkapan iklim dan praktik manajemen risiko agar lebih selaras dengan rekomendasi TCFD. Lippo Karawaci juga akan terus membangun upaya ketahanan iklim sekaligus memosisikan diri untuk memanfaatkan transisi global menuju ekonomi rendah karbon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.