Sukses

Jokowi Bakal Grounbreaking Fasilitas Perbankan dan Pendidikan di IKN

Total investasi publik dan swasta yang masuk IKN hingga Januari 2024 sebesar Rp 47,5 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali memimpin groundbreaking atau peletakan batu pertama kelima yakni fasilitas perbankan dan pendidikan di IKN.

“Insya Allah dalam 2-3 minggu ke depan Presiden akan memimpin kembali groundbreaking yang kelima,” tutur Bambang seperti dikutip dari Antara, Sabtu (17/2/2024).

Ia menuturkan, groundbreaking tahap kelima itu akan meliputi sektor perbankan dan beberapa fasilitas pendidikan.

“Sektor perbankan akan masuk di sana dan beberapa fasilitas pendidikan. Salah satu yang sudah masuk Jakarta International School, tapi di sana jadi Nusantara International School, NIS,” ujar Bambang.

Adapun total investasi publik dan swasta yang masuk IKN hingga Januari 2024 sebesar Rp 47,5 triliun. Sedangkan untuk investasi yang berasal hanya dari swasta sekitar Rp 35,9 triliun yang sudah dilakukan groundbreaking dan sekarang berproses.

Beberapa investor swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga sudah mulai membangun hotel bintang lima, kawasan pergudangan dan logistik, Nusantara Warehouse hingga Nusantara Logistic Hub. Bambang menuturkan, investasi tersebut dapat menjadi sebuah stimulan atau kepercayaan pasar terhadap rencana pemerintah.

"Investasi pemerintah ini akan memicu swasta-swasta lain untuk masuk ke dalam dan makin lama akan macam-macam," ujar.

OIKN menargetkan investasi sebesar Rp100 triliun pada 2024, baik dari publik maupun swasta. Investasi publik tersebut bisa berasal dari BUMN hingga lembaga non-pemerintah.

Sementara itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) mengungkapkan pembangunan Istana Negara di IKN, Kalimantan Timur, telah mencapai 55 persen per 8 Februari 2024.

Kementerian PUPR memastikan pembangunan Istana Negara, lapangan upacara, kawasan istana dan Kantor Presiden tetap sesuai target serta diharapkan bisa selesai, dan dapat dimanfaatkan untuk Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 2024 ini di IKN.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara, secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara. Presiden RI juga mengatakan perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI diselenggarakan di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembangunan Istana Negara di IKN Capai 55 Persen

Sebelumnya diberitakan, pembangunan IKN Nusantara terus berlanjut. Sejumlah infrastruktur dasar tengah dikerjakan, mulai dari jalan hingga fasilitas seperti Rumah Sakit. Tak lupa juga pembangunan Istana Negara di IKN.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) mengungkapkan pembangunan Istana Negara di IKN, Kalimantan Timur, telah mencapai 55 persen per 8 Februari 2024.

"Istana Negara, lapangan upacara dan kawasan istana di IKN, progres pembangunan fisiknya sudah mencapai 55 persen," ujar Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga dikutip dari ANTARA, Jumat (16/2/2024).

Kantor Presiden Capai 73 Persen

Danis juga mengatakan untuk progres pembangunan Kantor Presiden di IKN per 8 Februari 2024 telah mencapai 73 persen.

Kementerian PUPR memastikan bahwa pembangunan Istana Negara, lapangan upacara, kawasan istana dan Kantor Presiden tetap sesuai target serta diharapkan bisa selesai, dan dapat dimanfaatkan untuk Upacara HUT Kemerdekaan RI pada tahun 2024 ini di IKN Nusantara.

 

3 dari 3 halaman

Upacara HUT RI di Istana

Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara, secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.Presiden RI mengatakan bahwa perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI diselenggarakan di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Kementerian PUPR, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Pasukan Pengamanan Presiden, Garnisun Tetap I/Jakarta, dan Kodam VI/Mulawarman mendampingi Kementerian Sekretariat Negara meninjau area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN untuk persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-79 di IKN nanti.

Upacara berlangsung di lapangan Istana Kepresidenan yang berada persis di depan Istana Presiden serta berhadapan dengan sumbu kebangsaan serta pemandangan lanskap seluruh kota IKN.

Tidak hanya lapangan Istana Kepresidenan, demi mendukung kelancaran upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 tahun ini, berbagai area IKN juga ditinjau. Istana Presiden, Memorial Park dan Hunian Pekerja Konstruksi nantinya menjadi tempat pendukung akomodasi saat upacara berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini