Sukses

Respons Kelangkaan, Bulog Setor 271 Ton Beras SPHP ke Indogrosir hingga Alfamart

Sebanyak 80 ton di antaranya disetorkan kepada Hypermart. Kemudian, sebanyak 50 ton untuk Indomarco Jakarta 2, 50 ton untuk Ramayana, dan 30 ton untuk Alfamart.

Liputan6.com, Jakarta - Menjawab isu kelangkaan stok beras di pasar ritel modern, Perum Bulog telah menyalurkan ribuan kg beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) ke supermarket di Jakarta dan sekitarnya, mulai dari Indogrosir hingga Alfamart.

Menurut informasi data yang diberikan Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi kepada Liputan6.com, Kamis (15/2/2024), total ada sebanyak 271 ribu kg, atau setara 271 ton beras SPHP. Stok beras tersebut sudah masuk per 13 Februari 2024 untuk disebar kepada 8 ritel modern.

Sebanyak 80 ton di antaranya disetorkan kepada Hypermart. Kemudian, sebanyak 50 ton untuk Indomarco Jakarta 2, 50 ton untuk Ramayana, dan 30 ton untuk Alfamart.

Sementara 9 ton beras SPHP disalurkan kepada Indogrosir Kemayoran, 20 ton untuk Indogrosir Tangerang, 22 ton untuk Transmart, dan 10 ton untuk Lottemart.

Bayu juga lantas menunjukan hasil pengecekannya langsung ke 6 tempat pada Kamis (15/2/2024) hari ini. Tak hanya gerai ritel modern, ia pun membagikan laporannya di pasar tradisional hingga Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

Dalam kunjungan tersebut, tampak hadir Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi yang ikut menyambangi Transmart Cempaka Putih.

"Hypermart beras banyak tersedia, Ramayana Depok tersedia. Pasar Rakyat Rawamangun banyak, Transmart Cempaka Putih juga banyak," ungkap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beras di Alfamat dan Indomart Langka, Begini Respon Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali buka suara soal stok beras langka di pasar ritel semisal Alfamart dan Indomaret cs.

Namun, ia tidak menjawab secara jelas terkait kelangkaan beras tersebut. Ia hanya berjanji untuk mengajak insan media untuk melihat langsung kondisi stok beras di toko ritel.

"Nanti saya ajak. Saya tunjukin berasnya ada atau ndak ada," ujar Jokowi di sela-sela acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Senada, Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi juga sempat menjawab perihal kekosongan stok beras di pasar ritel modern. Bulog sendiri menyuplai beras operasi pasar ke supermarket dalam program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Bayu menyampaikan, Bulog pada hingga 12 Februari 2024 telah menggelontorkan 226 ribu ton beras SPHP. "Sebagai catatan, sampai 12 Februari sudah disalurkan 226 ribu ton beras SPHP secara nasional," ujar Bayu beberapa waktu lalu.

Untuk Jakarta saja, ia menambahkan, Bulog sudah mengucurkan sekitar 60.000 ton beras SPHP dalam waktu 10 hari. Tambahan stok puluhan ton pun sudah ikut dikirimkan ke toko ritel modern pada Senin, 12 Februari 2024.

"Kemarin ambil contoh Jakarta, Senin, kami sudah langsung bekerja, kita kirim Hypermart 40 ton, Ramayana 50 ton, Lotte 10 ton, Alfamart 30 ton, Indomaret 50 ton, Indogrosir 40 ton," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Pasok ke Pasar Induk

Tak hanya gerai ritel modern, Bulog juga menyuplai beras SPHP untuk Pasar Induk Beras Cipinang sekitar 2.800 ton. "Jadi kemarin saja, Bulog mengeluarkan 4.000 ton dalam 1 hari, SPHP, termasuk ke PIBC, termasuk ke ritel tadi," imbuh Bayu.

Bayu mengatakan, tugas Bulog untuk menyalurkan beras SPHP ke pasar ritel berbasis permintaan. Jika stok di rak sudah kosong, pelaku usaha ritel pun bisa meminta kembali ke Bulog.

"Ya kan kita tahu kalau misalnya Hypermart, Ramayana tadi kan kita kirimnya ke distribusi center mereka dong. Ya kita, Bulog enggak ngirim dong ke masing-masing, enggak, ke distribusi center mereka. Mereka yang mendistribusikan, itu sistem mereka kan begitu," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.